Proklamator RI Bung Hatta Tokoh yang Berintegritas

- Senin, 16 Agustus 2021 | 19:12 WIB
Kedatangan Bung Karno dan Bung Hatta di Kraton Yogyakarta tahun 1946. (foto: sejarah-tni.mil.id)
Kedatangan Bung Karno dan Bung Hatta di Kraton Yogyakarta tahun 1946. (foto: sejarah-tni.mil.id)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI) Hamdi Muluk berpendapat bahwa Proklamator RI Mohammad Hatta merupakan tokoh yang memiliki integritas.

Hamdi Muluk mengatakan hal itu dalam talk show "Pekan Bung Hatta" yang diinisiasi oleh Badan Kebudayaan Nasional Pusat (BKNP) PDIP yang ditayangkan di YouTube BKNP PDIP, Senin (16/8).

Dikemukakan bahwa integritas itu adalah sesuatu yang dibentuk secara perlahan dan memiliki banyak aspek, seperti kejujuran, amanah, moralitas, dan kesederhanaan.

Baca Juga: IDI Serukan Dokter Gunakan Pita Hitam di HUT RI ke 76

 

Jika ada seseorang yang memiliki bibit integritas, kata dia, harus diuji oleh perjalanan yang panjang.

"Kita sudah melihat ini dari Bung Hatta. Keteguhan dia memegang integritas dan prinsipnya sudah masuk dalam kategori berintegritas," ujarnya.

Integritas Bung Hatta adalah sesuatu yang tidak usah diragukan lagi. Bung Hatta tidak usah lagi banyak berkhotbah tentang kesederhanaan, integritas, dan kerja keras sebab sudah mencontohkan itu.

Menurut dia, ada peran yang sangat besar sekali dari seorang Bung Hatta dalam membentuk jati diri bangsa Indonesia dan sebagai contoh seorang tokoh yang memiliki integritas.

Jika orang di republik ini diminta untuk menyebutkan tokoh legenda yang berintegritas, lanjut dia, itu adalah Bung Hatta.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

13 Tokoh Ini Berjasa di Balik Lahirnya Sumpah Pemuda

Minggu, 24 Oktober 2021 | 08:26 WIB

Vaksinasi dan Prokes Kunci Pulihnya Sektor Parekraf

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 21:52 WIB
X