IDI Serukan Dokter Gunakan Pita Hitam di HUT RI ke 76

- Senin, 16 Agustus 2021 | 19:06 WIB
PITA HITAM: Pita hitam melingkar di lengan salah satu perawat. (suaramerdeka.com / Eko Edi Nuryanto)
PITA HITAM: Pita hitam melingkar di lengan salah satu perawat. (suaramerdeka.com / Eko Edi Nuryanto)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyerukan kepada seluruh anggota untuk mengenakan pita hitam sebagai visualisasi rasa keprihatinan terhadap angka kematian akibat COVID-19 di Indonesia.

"Agar segenap dokter anggota IDI, mengenakan pita hitam di bagian dada kiri atau di lengan kiri terhitung sejak tanggal 17 Agustus 2021 selama satu bulan penuh," kata Ketua Umum PB IDI Daeng M Faqih dalam siaran pers di Jakarta, Senin (16/8).

Menurut Daeng peringatan HUT ke 76 RI pada Selasa (17/8) masih berada di tengah-tengah suasana pandemi COVID-19 yang mengalami peningkatan.

Baca Juga: Perkebunan Kopi Rakyat Putus Rantai Panjang Distribusi

"Bahkan, kasus angka kematian di masyarakat yang masih tinggi disertai pula tingginya kematian dokter dan tenaga kesehatan Iainnya," ujarnya.

Demikian pula pandemi COVID-19 yang berdampak pada masalah ekonomi yang sangat berat dirasakan oleh masyarakat yang kehilangan mata pencarian, sumber kehidupan dan masalah sosial Iainnya, kata Daeng.

Sehubungan dengan hal tersebut, Daeng menyerukan seluruh anggota untuk mengungkapkan kepedulian dan solidaritas kepada seluruh tenaga kesehatan dan seluruh rakyat Indonesia yang sedang berjuang menghadapi pandemi COVID-19.

Baca Juga: Lagu Indonesia Raya, Kapan Boleh Dinyanyikan dan Apa yang Dilarang

"PB IDI meminta kepada seluruh dokter anggota IDI dan seluruh jajaran pengurus IDI di seluruh Indonesia untuk menyampaikan rasa keprihatinan," katanya.

Daeng juga mengimbau kepada seluruh anggota di daerah untuk terus melakukan konsolidasi internal organisasi dan koordinasi dengan pemerintah maupun pihak terkait di daerah untuk bahu-membahu melakukan upaya maksimal penanganan COVID-19.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

X