Soekarno: Perintah Pertamanya Usai Diangkat sebagai Presiden, Memanggil Tukang Sate Ayam

- Senin, 16 Agustus 2021 | 14:08 WIB
Bung Karno Penyambung Ludah Rakyat Indonesia/Dokumentasi Kemdikbud.go.id
Bung Karno Penyambung Ludah Rakyat Indonesia/Dokumentasi Kemdikbud.go.id

SEMARANG, suaramerdeka.com - Perintah pertama Ir Soekarno saat dipilih menjadi presiden bukan membentuk kabinet, melainkan memanggil tukang sate karena merasa lapar.

Dikutip dari buku Bung Karno 'Penyambung Lidah Rakyat' karangan Cindy Adams, Soekarno atau akrab disapa Bung Karo bercerita lebih jauh soal penunjukkannya sebagai presiden.
Kala itu PPKI melantik Soekarno dan Hatta dalam acara yang sangat sederhana, tak ada pesta atau kirab untuk merayakan 'kemenangan'tersebut.

Pasalnya Soekarno merasa ada banyak pekerjaan yang lebih penting untuk dikerjakan dalam membangun negara. Apalagi semuanya juga terhimpit waktu.

Baca Juga: Manchester City Dikalahkan Tottenham Hotspur, Dalih Guardiola Timnya Kurang Persiapan

Usai dilantik sebagai presiden, Soekarno bahkan pilih berjalan kaki ke rumahnya. Namun, tiba-tiba langkahnya terhenti saat ini melihat seorang penjual sate ayam di jalan. Di sinilah 'perintah' pertamanya sebagai presiden keluar.

'Sate ayam lima puluh tusuk!," sebut Soekarno. Ia lantas menyantap sate tersebut langsung di tempat. Dikisahkan dalam buku setebal 415 halaman, Soekarno rela duduk jongok dekat selokan yang kotor.

Meski begitu, Soekarno nampak lahap menghabiskan banyak sate. Seolah ia tengah 'berpesta' merayakan pengangkatannya sebagai Presiden pertana Republik Indonesia.

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Bung Karno 'Penyambung Lidah Rakyat'

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Camat Gajahmungkur Siap Fasilitasi Kegiatan Badko LPQ

Selasa, 7 Februari 2023 | 22:28 WIB

Gus Yahya: Jangan Sampai Peradaban Runtuh

Selasa, 7 Februari 2023 | 14:02 WIB

Ini 4 Quotes Para Tokoh Terkait Peringatan 1 Abad NU

Selasa, 7 Februari 2023 | 12:42 WIB
X