PT KAI di Tengah Pandemi; Bukan Kelir yang Getir, Tapi Livery yang Berseri

- Minggu, 15 Agustus 2021 | 22:55 WIB
Argo Wilis berkelir nuansa Kemerdekaan melintas di PJL Kiaracondong, Bandung. (sm/dok) 
Argo Wilis berkelir nuansa Kemerdekaan melintas di PJL Kiaracondong, Bandung. (sm/dok) 

 

BANDUNG, suaramerdeka.com - BERSAMA sang cucu yang baru berusia 2,5 tahun, Ujang Sulaeman (59) berdiam menunggu di sekitar pintu perlintasan sebidang Kiaracondong, Kota Bandung, Jumat (13/8) pagi.

Tak lama kemudian, Arsyad yang tengah duduk di atas jok depan modifikasi sepeda motor matiknya itu menunjuk ke arah rangkaian KA yang melintas.

Tampilan lokomotif berikut rangkaian kereta yang berbeda, dengan warna dominan merah dan juga putih, tampak menarik perhatiannya. Pandangannya pun tak lepas sejak loko dari arah Stasiun Besar Bandung itu muncul hingga tak tampak lagi gerbong paling belakangnya karena bergerak ke arah timur.

"Agustusan Aa," kata sang kakek berupaya mengobrol sekaligus menggambarkan nuansa yang tengah tersemat di rangkaian kereta yang melintas di tengah hiruk pikuk perlintasan sebidang terpadat di timur Kota Kembang itu.

Baca Juga: PKK Kota Semarang Ikut Beri Bantuan Anak yang Kehilangan Orang Tua Akibat Covid-19

Warga Kelurahan Kebon Jayanti ini mengaku sering mengajak Arsyad untuk menyaksikan KA yang melintas. Karena itu, dia hafal perbedaan dari rangkaian yang melintas termasuk KA yang tak biasa badannya dibalur ornamen kemerdekaan. "Bagus ini, biar lebih semarak suasananya," katanya sambil menarik gas sepeda motornya untuk berlalu.

Dia terkesan dengan rangkaian kereta tersebut yang merupakan satu dari sekian KA terpasang livery khusus dalam rangka memeriahkan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI. KA tersebut adalah Argo Wilis relasi Bandung-Surabaya Pp. Total ada 4 loko plus 37 kereta yang dibalur nuansa tersebut. 

KA serupa lainnya bertema Kemerdekaan adalah Argo Parahyangan relasi Bandung-Jakarta Pp, Argo Bromo Anggrek relasi Jakarta-Surabaya Pp, dan Gajayana relasi Jakarta-Malang Pp.

Pada badan loko dan kereta-kereta itu memuat unsur bendera merah putih, peta Indonesia, dan landmark beragam kota di samping logo Kemerdekaan RI Ke-76, bertajuk "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh", plus tagar #KAIUNTUKINDONESIA sebagai penegasan semangat perseroan untuk maju dan memberi layanan terbaik sekali pun masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

X