Indonesia dan Australia Lakukan Diskusi Terbuka mengenai Pasifik

- Minggu, 15 Agustus 2021 | 18:05 WIB
(Sumber: KBRI )
(Sumber: KBRI )

JAKARTA, suaramerdeka.com – Kementerian Luar Negeri bersama Head of the Office of the Pacific DFAT Australia, Mr. Ewen McDonald telah bersama-sama memimpin diskusi terkait isu-isu prioritas di kawasan Pasifik​ virtual (12/8).

Kegiatan yang diberi tajuk Informal Discussion on the Pacific ini membahas mengenai perspektif Indonesia dan Australia dalam menghadapi berbagai tantangan di kawasan Pasifik, termasuk keamanan, perubahan iklim, konektivitas, pembangunan manusia, dan pandemi Covid-19.

Kedua belah pihak juga mendiskusikan mengenai peran organisasi regional seperti Pacific Islands Forum (PIF) dan Melanesian Spearhead Group (MSG) dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat Pasifik, termasuk dalam mengatasi ancaman dari perubahan iklim maupun pemenuhan Sustainable Development Goals (SDGs). 

Baca Juga: Nike Ardilla (3) , Bersaing dengan Anggun C Sasmi

Untuk itu, Indonesia dan Australia bersama-sama sampaikan komitmen untuk memperkuat kolaborasi di kawasan Pasifik, baik untuk jangka panjang maupun dalam mendorong percepatan pemulihan ekonomi yang saat ini terdampak oleh pandemi. 

Dirjen Aspasaf yang mewakili Kementerian Luar Negeri tekankan mengenai prinsip inklusivitas dari ASEAN yang dapat mendukung arsitektur regional di Pasifik.

Baca Juga: MPL ID Season 8, Tanpa M Ridwan Evos Kalahkan Aura Fire

Di bawah ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, ASEAN juga dapat memainkan peran dalam meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat di Pasifik. 

Informal Discussion on the Pacific diselenggarakan secara rutin sejak tahun 2016. Dialog ini dibentuk atas keinginan kedua negara, sebagai tetangga yang baik, berkontribusi bagi pemajuan kawasan Pasifik.

Kedua belah pihak harapkan agar diskusi hari ini dapat menghasilkan program kolaborasi konkret di waktu yang akan datang. 

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

X