Tanggulangi Covid-19, Kwarnas Gerakan Pramuka Bentuk Satgas dari Pusat hingga Ranting

- Sabtu, 14 Agustus 2021 | 13:50 WIB
Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Budi Waseso dalam laporannya kepada Presiden Joko Widodo saat Uparara Peringatan Hari Pramuka ke-60. (BPMI Setpres / Muchlis Jr)
Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Budi Waseso dalam laporannya kepada Presiden Joko Widodo saat Uparara Peringatan Hari Pramuka ke-60. (BPMI Setpres / Muchlis Jr)

BOGOR, suaramerdeka.com - Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Budi Waseso mengungkapkan bahwa pihaknya telah membentuk satuan tugas penanggulangan Covid-19 di tingkat pusat, daerah, dan cabang, hingga ranting gerakan.

Hal ini merupakan tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo pada peringatan Hari Pramuka tahun 2020 lalu, yang meminta pramuka melaksanakan dua gerakan penting.

Di antaranya, gerakan disiplin nasional dengan mewujudkan perilaku mematuhi protokol kesehatan dan gerakan kepedulian nasional dengan mewujudkan sikap empati dan simpati untuk menolong sesama.

“Kami segera merespons arahan tersebut dengan membentuk satuan tugas penanggulangan Covid-19 oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka maupun satuan-satuan sejenis di tingkat daerah, cabang sampai dengan ranting,” ujar Budi.

Baca Juga: Menyimak Keakraban Para Tokoh dalam Doa dan Puisi 'Merdeka dari Corona'

Budi memaparkan, berbagai upaya untuk membantu menanggulangi pandemi Covid-19 telah dilakukan dimulai dari lingkungan Gerakan Pramuka itu sendiri.

Antara lain menerapkan protokol kesehatan dengan ketat di setiap kegiatan dan menggerakan 11.000 personil sebagai duta perubahan perilaku untuk menyosialisasikan agar masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan.

Sebanyak 2.500 personil relawan pramuka diterjunkan membantu menyiapkan dan mendistribusikan alat pelindung diri (APD) serta membantu penyemprotan disinfektan.

Baca Juga: Perluasan Puskesos-SLRT Didorong untuk Reformasi Sistem Perlindungan Sosial

Selain itu juga dilaksanakan vaksinasi bagi lebih dari satu juta anggota Gerakan Pramuka serta donor darah dan plasma konvalesen.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemenag Raih Anugerah Meritokrasi KASN 2021

Selasa, 7 Desember 2021 | 21:40 WIB

Safar: Program JKN KIS, Jaminan Kesehatan yang Mumpuni

Selasa, 7 Desember 2021 | 14:07 WIB
X