Kegiatan SPS Pekerja Dibudayakan, Mengurangi Stres dan Meningkatkan Imun

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 20:33 WIB

JAKARTA, suaramerdeka.com - Di masa pandemi ini semakin penting kegiatan Senam Pekerja Sehat (SPS) sebagai upaya membudayakan hidup sehat di tempat kerja. Olah raga pekerja ini terbukti meningkatkan kesehatan dan kebugaran pekerja, mengurangi risiko cidera maupun stres di tempat kerja, serta meningkatkan imun pekerja.

"Untuk itu, sudah seharusnya SPS budaya hidup sehat di tempat kerja," ujar Menaker Ida Fuziyah usai mengikuti kegiatan Senam Pekerja Sehat di PT Waskita Karya Proyek Tol Becakayu, di Jakarta, Jumat (13/8/2021).

Ia menjelaskan Kemnaker mengembangkan SPS sebagai bagian dari implementasi budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam membudayakan hidup sehat di tempat kerja. Fokus kegiatannya antara lain promosi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), aktivitas fisik di tempat kerja, dan promosi gizi seimbang.

Baca Juga: Tingkatkan Imun, Santri Putri Ponpes Nurul Amin Senam Bersama Mahasiswa KKN MIT DR XII Kelompok 30

Fokus lainnya, yaitu deteksi dini penyakit pada pekerja, menyediakan ruang menyusui, tempat kerja tanpa asap rokok, penggunaan alat pelindung diri, dan pelaksanaan kegiatan pertama.

Pada kesempatan ini Menaker Ida memberikan apresiasi kepada PT Waskita Karya atas komitmennya melindungi pekerjanya khususnya dalam hal ini pada sektor konstruksi dalam perlindungan tenaga kerja dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di tempat kerja dan keberlanjutan usaha.

BUMM Waskita Karya juga melaksanakan kebijakan PPKM Covid-19, mendukung program vaksinasi Covid-19, serta mengupayakan penyediaan masker dan perlengkapan kesehatan.

Baca Juga: Intansi di Semarang Bareng-Bareng Santuni Anak Yatim/Piatu

Presiden Direktur PT Waskita, Destiawan Soewardjono, menjelaskan Gerakan Pekerja Sehat selain bertujuan untuk mendukung terlaksananya perlindungan terhadap tenaga kerja, juga untuk menjaga keberlangsungan usaha agar tetap berjalan efektif dan efisien, sehat dan produktif di masa pandemi Covid-19 ini.

Ia menjelaskan saat ini pegawai Waskita Karya dengan total pegawai 4.894 sudah hampir memenuhi 100% yaitu sebanyak 97,5% pegawai sudah vaksin.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

X