Calon Jamaah Usia 12-18 Tahun Boleh Haji dan Umrah dengan Syarat sudah 2 Kali Vaksinasi

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 10:32 WIB
Ibadah Haji 1441 H (Foto Istimewa) (Murdiyat Moko)
Ibadah Haji 1441 H (Foto Istimewa) (Murdiyat Moko)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Aturan baru dikeluarkan Kerajaan Arab Saudi yang mensyaratkan bagi calon jamaah haji dan umrah berusia 12-18 harus melaksanakan dua kali vaksinasi Covid-19.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, dilansir dari Arab News, mengungkapkan ada lebih dari 13.000 izin dikeluarkan untuk kelompok usia 12-18 tahun yang memungkinkan mereka untuk melakukan umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi.

Wakil Menteri Haji dan Umrah, Dr. Abdul-Fattah bin Suleiman Mashat, mengatakan izin umrah dikeluarkan melalui aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna, dengan sistem layanan dan tindakan pencegahan yang terintegrasi memastikan keselamatan dan kesehatan mereka yang ingin melakukan ritual umrah.

"Izin umrah harus diperoleh melalui aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna," kata Mashat, seperti dikutip suaramerdeka.com dari Portalsiber.com.

Baca Juga: Indeks Harga Produsen AS yang Tinggi Buat Harga Emas Jatuh di Akhir Perdagangan

Untuk jamaah dari luar negeri, Arab Saudi secara bertahap mulai menerima permintaan ibadah umrah jemaah yang sudah divaksinasi Covid-19 mulai Senin, 9 Agustus 2021.

Pengumuman itu disampaikan oleh media pemerintah Saudi Press Agency pada Minggu, 8 Agustus 2021. Arab Saudi telah menutup ibadah umrah untuk warga asing selama 18 bulan karena Covid-19.

Saudi Press Agency (SPA) menyebutkan pihak berwenang di kementerian yang mengkoordinasikan jamaah haji asing mulai Senin akan mulai "menerima permintaan umrah dari berbagai negara di dunia".

Izin awalnya akan diberikan kepada 60.000 jamaah umrah per bulan, tetapi jumlah itu secara bertahap akan ditingkatkan menjadi dua juta per bulan, kata laporan SPA, dikutip dari Al Jazeera.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pintu Nasdem Terbuka Lebar untuk Ridwan Kamil

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:36 WIB

Menyikapi Penurunan Kualitas Demokrasi Selama Pandemi

Kamis, 2 Desember 2021 | 21:23 WIB
X