Pasha "Ungu" Peduli pada Pekerja di Daerahnya

- Jumat, 25 Januari 2019 | 20:30 WIB
Foto: suaramerdeka.com/Wahyu Atmadji
Foto: suaramerdeka.com/Wahyu Atmadji

JAKARTA, suaramerdeka.com - Benarkah artis tak bisa bekerja setelah terpilih menjadi kepala daerah ? Tuduhan itu tak selamanya benar. Setidaknya ditunjukkan oleh Sigit Purnomo Said, atau Pasha Ungu, vokalis Ungu Band yang kini menjadi Wakil WaliKota Palu.

Kendati daerahnya tengah berbenah pasca tsunami yang melanda beberapa waktu lalu namun nasib pekerja selalu diperhatikannya. "Pekerja adalah tulang punggung keluarga. Mereka harus diikutkan dalam program jaminan sosial. Saya tak bisa kompromi jika ada perusahaan yang melanggar," ucapnya, di Jakarta, Jumat (25/01 2019).

Ia berbicara di sela menerima penghargaan dari Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Walikota Palu bersama Bupatia Minahasa dan Bombana  menerima penghargaan tersebut. Mereka dianggap berjasa mendaftarakan masyarakat pekerjanya yaitu Pegawai Pemerintah Bukan Aparatur Sipil Negara (PPBASN) dan Aparat Desa di Tahun 2018 sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Diakui Pasha ekonomi Kota Palu sempat lumpuh pasca tsunami. Apalagi, hampir semua pekerja mengandalkan hidup dari usaha sendiri, menjadi pekerja swasta di sektor induatri dan jasa. "Ada 58 ribu pekerja di sektor industri dan jasa," kata Pasha yang tetap necis ini.

Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, E. Ilyas Lubis, mengapresiasi para kepala daerah teraebut karena pembayaran iuran program BPJS Ketenagakerjaan telah dianggarkan pada APBD. "Ini menunjukkan kesungghan Pemda," katanya.

Selain itu ia juga mengapresiasi dikeluarkannya peraturan berupa kewajiban, imbauan, bahka instruksi, yang diterbitkan kepala daerah agar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Ini tidak keliru karena juga diatur UU BPJS Nomor 24 Tahun 2011 dan Undang-undang SJSN Nomor 40 Tahun 2004.

"Kami berharap semoga Kota Palu, Kabupaten Minahasa dan Bombana, dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya untuk bersama-sama kami menjalankan program pemerintah dalam menjamin kesejahteraan pekerja di daerahnya," kata Ilyas.

Editor: Fadhil Nugroho Adi

Tags

Terkini

Rais Aam PBNU Putuskan Muktamar 17 Desember

Jumat, 26 November 2021 | 23:03 WIB
X