Bantuan Ayam Kampung Kementan Efektif

- Jumat, 18 Januari 2019 | 04:15 WIB
foto: suaramerdeka/dok
foto: suaramerdeka/dok

TASIKMALAYA, suaramerdeka.com - Kementerian Pertanian mengintensifkan program bantuan ayam kampung petelur untuk warga kurang mampu. Kegiatan pertanian yang terintegrasi itu merupakan upaya Kementan untuk mengentaskan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat miskin.

Program yang disebut sebagai Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) Kementan fokus untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat perdesaan.

Program bekerja dinilai efektif. Salah satunya penerima bantuan,Cicih, warga Desa Kiarajangkung, Kecamatan Sukahening, KabupatenTasikmalaya, Jawa Barat, merasakan manfaat program itu.

Bantuan 50 ekor ayam kampung petelur unggul dari Kementan yang dirawatnya sejak 6 bulan mulai bertelur. Saat diterima, ayam bantuan Kementan masih berupa day old chik (DOC), atau bibit ayam.

Keluarga Cicih yang buruh tani juga menerima bantuan kandang sederhana, pakan, obat-obatan. “Dapat ayam 50 ekor sama kandang, sama pakan, obat-obatan sepaket semuanya. Sebelumnya belum pernah pelihara ayam, diajarin Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) cara memihara,” kata Cicih, baru-baru ini.

https://ad.admitad.com/g/0ws6fnvoil5005904a136d84204232/?subid=tokopedia&ulp=https%3A%2F%2Fwww.tokopedia.com%2Fp%2Frumah-tangga

“Setelah enam bulan bertelur. Sehari ada tujuh, ada lima butir. Seminggu bisa dapat 30 telur, dijual ke BUMDes Rp 1500 per butir,”kata Cicih.

Tiga cucu Cicih kini bisa lebih rutin mengkonsumsi telur kecil yang tidak dijual. Dengan begitu asupan gizi di masa pertumbuhan pun menjadi lebih baik.

Sebelum memelihara ayam kampung petelur unggul bantuan Kementan, pendapatan Cicih dan suaminya tak menentu. Bergantung ada tidaknya orang yang meminta bantuan. Saat tidak ada lahan yang digarap, maka tak ada pendapatan.

Halaman:

Editor: Achmad Rifki

Tags

Terkini

X