Keamanan Situs Resmi Setkab Terus Diperkuat, Kerja Sama dengan BSSN, BIN dan Polri

- Kamis, 12 Agustus 2021 | 08:00 WIB
Tangkapan layar situs setkab.go.id yang belum bisa diakses.
Tangkapan layar situs setkab.go.id yang belum bisa diakses.

JAKARTA, suaramerdeka.com - Sekretariat Kabinet (Setkab) terus memperkuat keamanan situs resmi Setkab www.setkab.go.id.

Mereka pun bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Intelijen Negara (BIN), serta Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Hal tersebut diungkapkan Deputi Sekretaris Kabinet Bidang Dukungan Kerja Kabinet (Deputi DKK) Thanon Aria Dewangga, terkait peretasan yang terjadi pada Sabtu (31/07/2021) lalu.

“Penguatan kerja sama keamanan website Setkab, kami tentu bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, antara lain dengan BSSN, karena memang sejak awal pertama kali website Setkab ini berdiri kami selalu bekerja sama dengan BSSN. Kami pun di sini bekerja sama juga dengan pihak Polri dan juga dengan pihak BIN untuk penguatannya,” ujar Thanon.

Baca Juga: Nelayan Cilacap Libur Melaut, Cuaca Kurang Mendukung karena Angin Timuran

Situs Setkab, kata Deputi DKK, merupakan laman milik pemerintah yang menyajikan berbagai informasi mengenai program dan kinerja pemerintah kepada publik.

“Kami mempunyai tugas untuk men-deliver berita-berita pemerintahan dan tentu sangat berguna bagi masyarakat. Sehingga kami mengupayakan sedemikian rupa agar website kita segera pulih dan dapat dinikmati lagi oleh media dan juga bagi masyarakat,” tuturnya.

Setkab telah melakukan mitigasi dan mengupayakan pemulihan website secepat dan sedini mungkin sehingga laman tersebut dapat kembali diakses masyarakat pada hari Rabu (04/08/2021).

Namun, Setkab memutuskan untuk menutup sementara atau take down laman resmi tersebut karena upaya peretasan kembali terdeteksi, sebagai upaya pemulihan dan penguatan, terutama di sisi keamanan.

Baca Juga: Cegah Korupsi, Pemkab Purbalingga Bangun Sinergi dan Kolaborasi dengan Kejaksaan

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X