Terminal Eksekutif Dibangun dengan Konsep Smart Building

- Sabtu, 22 Desember 2018 | 23:15 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

LAMPUNG, suaramerdeka.com - Menjelang Angkutan Natal dan Tahun Baru 2019, ASDP melakukan peluncuran awal (soft launching) layanan terminal dan kapal eksekutif di Pelabuhan Merak dan Bakauheni, Lampung, baru-baru ini. Hadirnya terminal dan kapal eksekutif ini diharapkan dapat mengoptimalkan layanan penyeberangan di lintasan Merak-Bakauheni, sehingga memberikan kelancaran dan kenyamanan yang lebih bagi pengguna jasa.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi mengatakan, lintasan Merak-Bakauheni yang menghubungkan Jawa dan Sumatera diperkirakan akan meningkat trafiknya menjelang libur Natal dan Tahun Baru. Karenanya, ASDP memanfaatkan momen tersebut untuk menghadirkan layanan terminal dan kapal eksekutif, yang merupakan wujud dari komitmen peningkatan layanan penyeberangan Merak-Bakauheni dengan adanya percepatan waktu tempuh pelayaran dari 2,5 jam (reguler) menjadi satu jam dengan kapal eksekutif.

“Sesuai dengan masterplan, terminal eksekutif yang dibangun di Merak dan Bakauheni dengan konsep smart building yang modern, diharapkan dapat memberikan experience yang berbeda dan menjadi momen tidak terlupakan bagi setiap pengunjung terminal, baik yang ingin menyeberang atau tidak. Di dalam terminal eksekutif, kini telah hadir tenant ritel dan restoran dengan desain interior yang megah dan memanjakan setiap pengunjung yang datang,” tutur Ira.

Terminal Eksekutif Merak yang dibangun di dekat dermaga VI Pelabuhan Merak memiliki luas site development sebesar 42.505 m2. Sedangkan Terminal Eksekutif Bakauheni yang dibangun di dekat dermaga VII (tujuh) Bakauheni memiliki luas bangunan 38.709 m2. Para pengguna jasa yang telah membeli tiket ferry dengan layanan eksekutif melalui online ticketing via website mau pun mobile apps, dapat mengakses Terminal Eksekutif Merak melalui koriodor jalan masuk yang disiapkan dari Terminal Terpadu Merak (TTM).

Tidak hanya terminal, ASDP juga menghadirkan layanan kapal eksekutif melalui empat kapal yang beroperasi di Merak-Bakauheni di antaranya, KMP Sebuku, KMP Batumandi, KMP Portlink dan KMP Portlink III. Keempat armada tersebut telah diremajakan menjadi kapal yang memiliki nuansa berbeda dengan kapal ferry pada umumnya, baik dari segi fasilitas mau pun kenyamanan yang lebih baik sehingga membuat pengguna jasa merasa lebih aman, nyaman dan menyenangkan ketika berada di atas kapal.

Ada pun layanan kapal eksekutif rute Merak-Bakauheni dengan waktu pelayaran satu jam memiliki jadwal keberangkatan kapal setiap pukul 06.00, 10.00, 12.30, 15.00, 17.30, 20.00, 22.30, 01.00 dan 03.30 WIB.

“Kami telah melakukan rejuvinasi (peremajaan) kepada empat kapal tersebut untuk mendukung layanan eksekutif dengan tampilan interior baru yang membuat suasana menjadi lebih hangat, dan homey yang memberikan spirit berbeda. Kini seluruh ruangan penumpang di atas kapal tidak hanya dilengkapi dengan AC (air conditioner), tetapi juga menyediakan kursi penumpang dengan layout dan kualitas yang baik sehingga pengguna jasa merasa nyaman selama perjalanan,” kata Ira lagi.

Fasilitas yang disediakan di kapal eksekutif juga semakin lengkap dan memenuhi kebutuhan penumpang, mulai dari Cafetaria hingga ruang bermain untuk anak. Satu hal menarik dan belum pernah ada di kapal-kapal lainnya yang beroperasi di Merak-Bakauheni, interior ruangan kapal eksekutif milik ASDP dilengkapi dengan karya fotografi, seni mural serta seni instalasi yang sangat indah dan menjadikannya sebagai objek swafoto yang menarik. Tentu hal ini akan memberikan pengalaman perjalanan yang lebih berkesan bagi para pengguna jasa penyeberangan di atas kapal ASDP.

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Sempat Jadi Sultan, Warga Kampung Miliarder Kini Galau

Selasa, 25 Januari 2022 | 22:55 WIB

RK: Kita Tak Pernah Merencanakan Pembangunan Ibukota

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:42 WIB
X