Meneladani Dewi Sartika

- Sabtu, 15 Desember 2018 | 09:10 WIB
Foto suaramerdeka.com/dok
Foto suaramerdeka.com/dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Sekolah Teladan Kewajaran Bersikap (STKB) kembali menggelar acara untuk memperingati dan meneladani kepahlawanan Dewi Sartika, seorang perintis pendidikan untuk kaum wanita, yang diakui sebagai Pahlawan Nasional oleh Pemerintah Indonesia pada 1966.

Meskipun kiprah Dewi Sartika begitu nyata dan besar, namun mungkin karena ayahnya dinyatakan sebagai pemberontak oleh Pemerintah Hindia Belanda, dan diasingkan ke Ternate saat usia DS 10 tahun. Nama Dewi Sartika tidak begitu dikenal di tingkat nasional, bahkan di Jawa Barat sebagai tempatnya berkiprah.

 Atas dasar itulah STKB, sejak 2014 menggelar acara tahunan sebagai dedikasi bagi pahlawan kelahiran Bandung, 4 Desember 1884 itu.

"Dangiang Dewi sebagai wujud Milangkala 134 Tahun Dewi Sartika tahun 2018 ini, akan diisi oleh dua rangkaian acara," ujar Doddy Achmaf Fawzi,  inisiator acara ini di Jakarta,  Jum'at (14/12).

Acara itu meliputi Olimpiade Sastra yang akan dihelat pada Senin, 17 Desember 2014, di SMAN 24 Bandung, Jl. AH Nasution No 27, Ujungberung, Bandung, Jawa Barat.

 Kedua, akan digelar Kemah Literasi pada 21 – 23 Desember 2018, di gigir Situ dan Candi Cangkuang, Leles, Kabupaten Garut.

Olimpiade Sastra menampilkan aneka kreativitas sastra dari berbagai kalangan, namun lebih diutamakan dari kalangan pendidik, yaitu guru dan dosen. "Tentu akan hadir pula para siswa, seniman, dan tokoh Sunda, dalam posisi sebagai bintang tamu," imbuh DAF--demikian ia biasa disapa. 

Dia melanjutkan, tokoh Sunda yang pada bulan dan tahun ini genap berusia 80 tahun, yaitu Popong Otje Djundjunan, dijadwalkan akan hadir untuk menyampaikan sejarah dan kiprah Dewi Sartika.

 Popong yang dikenal juga sebagai politisi dari Partai Golkar itu, mengalami hidup sejaman dengan Dewi Sartika. Ia adalah kamus hidup bila hendak mengorek informasi menegani ketokohan Dewi Sartika.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Baru Sebulan Diresmikan, Jembatan di Karawang Ambles

Sabtu, 29 Januari 2022 | 12:41 WIB

Gita Amperiawan Jadi Dirut DI yang Gres

Jumat, 28 Januari 2022 | 00:13 WIB
X