Sempat Meningkat, Aktivitas Kegempaan Vulkanik Gunung Api Gamalama Kembali Menurun

RRI
- Sabtu, 8 Desember 2018 | 19:20 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

TERNATE, suaramerdeka.com – Sejak Jumat (7/12) pukul 04.46 WIT, Gunung Api Gamalama Ternate pukul 04.46 menunjukan peningkatan aktivitas kegempaan vulkanik. Sejak dini hari Sabtu (8/12) pukul 00.00 WIT sudah kembali menurun.

Penurunan kegempaan tersebut terjadi baik untuk kegempaan vulkanik dalam maupun vulkanik dangkal.

Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama di Sangaji Puncak Ternate, Darno Lamani mengakui, sampai saat ini aktivitas kegempaan Gunung Api Gamalama cenderung menurun jika dibandingkan dengan kemarin.

”Jika kemarin (Jumat,red) terjadi peningkatan gempa vulkanik dalam dan dangkal mencapai 40 kali lebih, namun saat ini tidak sampai 10 kali,” ujar Darno Lamani, Sabtu (8/12).

Peningkatan aktivitas kegempaan yang terjadi kata Darno Lamani ada beberapa kemungkinan seperti pengaruh gempa tektonik serta hujan yang terjadi dalam beberapa hari ini yang mengakibatkan dapat terjadi peningkatan kegempaan.

Sementara untuk pengamatan visual Gunung Api Gamalama yang berstatus waspada level II, masih tetap sering tertutup kabut dengan asam kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis sedang 5 sampai 10 meter diatas puncak kawah.

Masyarakat juga wisatawan serta pengunjung agar tidak melakukan aktivitas pada radius 1,5 kilometer dari kawah puncak Gunung Api Gamalama.

Editor: Adib Auliawan

Tags

Terkini

X