BMH Jawa Timur Bantu Kembangkan Hewan Ternak Muallaf Suku Tengger

- Sabtu, 1 Desember 2018 | 07:20 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

LUMAJANG, suaramerdeka.com - Akhir bulan November 2018, Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Perwakilan Jawa Timur menyalurkan bantuan modal usaha ternak untuk para Muallaf Suku Tengger, di Desa Argosari, Senduro, Lumajang, Jawa Timur.

Sebanyak tujuh warga Muallaf Suku Tengger menerima manfaat bantuan modal ternak dalam bentuk seekor anak sapi indukan yang berumur kisaran tujuh hingga delapan bulanan. Jadi, masing-masing warga menerima manfaat modal senilai Rp 6 hingga 7 juta untuk setiap ekornya.

“Selain menyerahkan bantuan modal usaha ternak, BMH juga menyiapkan kandang dan segala kebutuhannya yang dipusatkan di satu titik, yaitu di Ladang Komplek Hidayatullah Tengger, Senduro. Dengan harapan untuk memudahkan dalam mengontrol dan memonitoring perkembangan ternak sapi yang melibatkan warga penerima manfaat tersebut,” ujar Imam Muslim, Selaku Manager Program BMH Jatim .

Selain proses pendampingan tersebut, juga akan diadakan beberapa konsultasi dan evaluasi perkembangan masing-masing peternak serta membahas apa saja kendala yang dihadapi dan mendiskusikan solusinya. Muslim juga menjelaskan karena saat ini sudah memasuki musim penghujan dan kondisi yang dingin, maka tentu dibutuhkan vitamin yang baik dan cukup bagi hewan ternak tersebut.

Salah satu warga penerima manfaat program bantuan modal ternak, Sutopo (48), mengungkapkan sangat senang dengan adanya bantuan dari BMH tersebut. “Alhamdulillah, kami bisa mendapatkan modal usaha ternak ini. Semoga Allah membalas kebaikan bapak-bapak dari BMH dan para donatur semua yang telah memperhatikan keadaan kami di Tengger ini,”ungkap Sutopo dengan gembira.

Ke depan, BMH juga akan mengembangkan program pemberdayaan bawang prei untuk warga muallaf di Tengger juga. Sehingga bantuan dan uluran tangan dari para donatur sangat ditungu-tunggu untuk mewujudkan masyarakat yang berdaya. Semoga para muallaf Suku Tengger bisa semakin mandiri dan berdaya dengan adanya program unggulan dari BMH ke depan

Editor: Andika

Tags

Terkini

Murni Korsleting, Kebakaran Muncul dari Jam Digital

Selasa, 21 September 2021 | 10:24 WIB

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Dibentuk

Selasa, 21 September 2021 | 01:06 WIB

Bank Dunia Puji Vaksinasi Indonesia

Selasa, 21 September 2021 | 00:47 WIB

Apakah Uang bukan Sumber Kebahagiaan? Ini Alasannya

Senin, 20 September 2021 | 23:21 WIB

PKL Malioboro Terima Bansos Sembako

Senin, 20 September 2021 | 20:43 WIB

Ecofarming Tekan Biaya Produksi Hingga 70 Persen

Senin, 20 September 2021 | 16:40 WIB
X