Kemenag Siap Latih Agen SPAK Tahun 2019

- Sabtu, 24 November 2018 | 17:00 WIB
Foto: Sekjen Kemenag M Nur Kholis Setiawan / Istimewa
Foto: Sekjen Kemenag M Nur Kholis Setiawan / Istimewa

DEPOK, suaramerdeka.com - Kemenag sudah memiliki 164 agen Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK) di 34 Provinsi. Jumlah itu dirasa belum cukup sehingga Kemenag akan memperluas jangkauan dengan melatih agen SPAK pada tahun 2019. 

"Kami akan melakukan ToT bagi calon agen SPAK Kemenag yang berasal dari  PTKN dan Kankemenag Kabupaten/Kota,” kata Sekjen Kemenag M Nur Kholis Setiawan saat menyampaikan laporan pada Evaluasi Pelaksanaan Program Pencegahan Korupsi SPAK, di Depok, Jawa Barat, Jumat (23/11).

Hadir dalam kesempatan ini,  Menag Lukman Hakim Saifuddin, Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan, Penasihat Darma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Trisna Willy Lukman, Ketua DWP Kemenag Eny Nur Kholis, serta Manager Law & Justice Department of Foreign Affair Ade Ganie.

Menurutnya,  Kementerian Agama berkomitmen  untuk terus melakukan pencegahan korupsi. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, sekurangnya terdapat 15 program pencegahan korupsi yang dilakukan Kemenag, salah satunya Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK).  

"Selama kurun waktu Maret – Oktober 2018 sekurangnya telah dilakukan 1.271 sosialisasi nilai-nilai korupsi yang telah dilakukan oleh para agen SPAK Kemenag," jelasnya.

Wakil Pimpinan Australia Indonesia Partnership for Justice 2 (AIPJ2) Peter Riddle Care mengapresiasi gerakan SPAK yang dilakukan Kemenag. Ia juga mengapresiasi keputusan Kemenag untuk menjadikan SPAK sebagai salah satu dari 15 program pencegahan korupsi di Kemenag.

Menurut Peter, Kemenag telah menginspirasi kementerian/lembaga lainnya untuk dapat bergabung dalam gerakan SPAK yang merupakan program Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan dukungan AIPJ.

“Ini merupakan langkah strategis. Saya percaya bahwa gerakan ini akan terus tumbuh dan berkembang di Kemenag, dengan contoh yang diberikan oleh Menag beserta jajarannya dan Penasehat DWP Kemenag  dibantu dengan agen-agen SPAK Kemenag,” ungkap Peter.

 

Halaman:

Editor: Adib Auliawan

Tags

Terkini

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Dibentuk

Selasa, 21 September 2021 | 01:06 WIB

Bank Dunia Puji Vaksinasi Indonesia

Selasa, 21 September 2021 | 00:47 WIB

Apakah Uang bukan Sumber Kebahagiaan? Ini Alasannya

Senin, 20 September 2021 | 23:21 WIB

PKL Malioboro Terima Bansos Sembako

Senin, 20 September 2021 | 20:43 WIB

Ecofarming Tekan Biaya Produksi Hingga 70 Persen

Senin, 20 September 2021 | 16:40 WIB
X