Pemerintah Fokus Pemerataan Internet di Daerah Pelosok

- Rabu, 21 November 2018 | 10:36 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah tengah fokus melakukan pembangunan infrastruktur internet cepat untuk pemerataan akses internet di seluruh Indonesia, terutama wilayah pelosok.

Hal tersebut disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara pada acara Bincang Santai yang dihadiri para awak media, di Kantor PT PII, Gedung Capital Place, belum lama ini.

Menteri Rudiantara mengungkapkan, bentuk keberhasilan proyek pembangunan infrastruktur akses internet yang telah dilakukan adalah Palapa Ring.

Proyek Palapa Ring, menurut Rudiantara, merupakan pengembangan jaringan backbone yang dirancang dan dilaksanakan menggunakan sistem komunikasi kabel laut serta serat optik ke 57 kota dan kabupaten belum terlayani akses internet.

"Dengan beroperasinya Palapa Ring akan memudahkan masyarakat di daerah yang selama ini sulit terjangkau jaringan telekomunikasi untuk menjadi pelaku ekonomi digital," ujar Rudiantara.

Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer. Palapa Ring terdiri dari tujuh lingkar kecil serat optik (untuk wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi, dan Maluku) serta satu backhaul untuk menghubungkan semuanya.

Sedangkan Direktur Utama PT PII Arman Hermawan menuturkan, Proyek Palapa Ring merupakan proyek badan usaha yang tercepat progress proyeknya dengan skema availibility payment (AP).

Oleh sebab itu, ucap Arman, sampai saat ini Palapa Ring merupakan prestasi baru dan contoh baik untuk pembangunan infrastruktur Indonesia dengan skema KPBU.

Editor: Fadhil Nugroho Adi

Tags

Terkini

Rabu Pagi, Lumajang Diguncang Gempa 3,3 SR

Rabu, 8 Desember 2021 | 13:03 WIB

PMI DIY Salurkan Bantuan bagi Korban Erupsi Semeru

Selasa, 7 Desember 2021 | 23:28 WIB

Kemenag Raih Anugerah Meritokrasi KASN 2021

Selasa, 7 Desember 2021 | 21:40 WIB
X