Pemahaman Praktis UU Cipta Kerja untuk Perwakilan RI di Luar Negeri Bimtek Kerja Sama antara BPPK dan KJI

- Selasa, 10 Agustus 2021 | 21:24 WIB
(Sumber: Kementerian Luar Negeri)
(Sumber: Kementerian Luar Negeri)

 

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kita memerlukan langkah strategis untuk menerapkan UU Cipta Kerja secara konsisten sesuai dengan semangat yang diciptakannya oleh peraturan omnibus itu untuk mempermudah investasi dan memangkas birokrasi.

Hal itu disampaikan Wakil Menteri Luar RI, Mahendra Siregar di hadapan lebih dari 140 peserta pelatihan Bimbingan Teknis pemahaman praktis terhadap UU Cipta Kerja yang dikuti oleh Perwakilan RI dari kawasan Asia dan Pasifik dan pejabat Kementerian Luar Negeri yang menangani isu diplomasi ekonomi.

Pelatihan Bimtek itu diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri bekerja sama dengan Kolegium Jurist Institute (KJI) yang direncanakan berlangsung selama 5 (lima) hari dan diikuti oleh Perwakilan RI di seluruh dunia.

Baca Juga: Tiba-tiba Deddy Corbuzier Memutuskan Berhenti di Medsos dan Podcast, Ada Apa?

Materi pelatihan akan diajarkan secara intensif dengan menggunakan panduan internal Kemenlu tentang pemahaman praktis UU Cipta Kerja yang disusun sebagai hasil kajian bersama BBPK Kemenlu dan KJI.

Menurut Mahendra Siregar, pelatihan ini diharapkan juga dapat memberikan pemahaman lebih baik kepada para diplomat Indonesia yang bertugas di Kemenlu dan Perwakilan RI di luar negeri untuk mendukung tugas mereka dalam memajukan kepentingan diplomasi ekonomi Indonesia. 

Wamenlu Mahendra itu juga menggarisbawahi pentingnya para diplomat Indonesia membuka diri dan tidak defensif terhadap masukan dan kritik yang disampaikan oleh stakeholder terkait bagi penyempurnaan UU Cipta Kerja.

Mahendra menyerukan dokumen panduan internal Kemenlu tentang pemahaman praktis terhadap UU Cipta Kerja dapat menjadi dokumen yang hidup dan dinamis sehingga mudah disinergikan dengan  langkah K/L  lainnya yang secara bersama memajukan kekepentingan ekonomi Indonesia. 

Baca Juga: Kuasai Teknik Verifikasi Daring, Jurnalis Bisa Terhindar Jebakan Hoaks

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Gita Amperiawan Jadi Dirut DI yang Gres

Jumat, 28 Januari 2022 | 00:13 WIB
X