Metode Mindfulness Dapat Tekan Stres Siswa

- Senin, 19 November 2018 | 23:45 WIB
foto ilustrasi - istimewa
foto ilustrasi - istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Metode mindfulness yang telah dijalankan selama empat tahun oleh Sekolah Global Sevilla, diyakini dapat menekan tingkat stres dan menciptakan karakter positif para siswa.

"Melalui mindfulness, siswa dapat menyeimbangkan emosi dalam situasi dan kondisi apa pun. Salah satunya anak-anak tidak menjadi reaktif terhadap sesuatu," ujar Direktur Sekolah Global Sevilla, Robertus Budi Setiono, di Jakarta.

Menurutnya, mindfulness merupakan sebuah metode atau program yang dilakukan untuk melatih siswa atau seseorang untuk menyadari pikiran dan tingkat emosi. Dikatakan, metode mindfulness tersebut telah dikembangkan dan dijalankan banyak sekolah di luar negeri.

"Saat ini kita juga tengah membuat semacam kurikulum berbasis mindfulness, untuk internal kita sendiri," imbuhnya.

Secara sederhana, jelas dia, program mindfulness yang diterapkan di sekolahnya adalah dengan melakukan hening dan metode pernafasan. Hal itu, diyakini juga dapat meningkatkan daya konsentrasi siswa.

"Jika ini dilakukan dengan benar, maka dapat meningkatkan daya konsentrasi belajar siswa," katanya.

Karena menurutnya, dari penelitian yang ada, tingkat konsentasi anak sudah sangat menurun. Banyak faktor yang menyebabkan turunnya daya konsentrasi belajar siswa, salah satunya adalah penggunaan gadget.

"Akan tetapi, kemajuan teknologi dan keberadaan gadget jika digunakan secara tepat tentu akan membantu proses pembelajaran," ujar Robert.

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

X