Ini 5 Ketentuan Prokes PTM Terbatas di Wilayah PPKM Level 1-3

- Selasa, 10 Agustus 2021 | 20:17 WIB
Ilustrasi pembelajaran tatap muka (PTM). Foto: Antara (Nugroho Wahyu Utomo)
Ilustrasi pembelajaran tatap muka (PTM). Foto: Antara (Nugroho Wahyu Utomo)



SEMARANG, suaramerdeka.com - Penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang kembali diperpanjang, melahirkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri di antaranya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri, yang mengatur terkait Pembelajaran Tatap Muka Terbatas.

Kementerian Penedidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengatakan, sekolah di wilayah PPKM level 1-3 pun diperbolehkan menggelar PTM secara terbatas.

Keputusan PTM terbatas tersebut tertuang dalam Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Nomor 03/KB/202l, Nomor 384 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/4242/2021, Nomor 440-717 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Baca Juga: Pelonggaran PPKM Diharapkan Diikuti Disiplin Prokes

Ada lima ketentuan yang diatur dalam SKB tersebut terkait penerapan protokol kesehatan.

Pertama, kondisi kelas pada satuan pendidikan SMA, SMK, MA, MAK, SMP, MTs, SD, MI, dan program kesetaraan harus memperhatikan jaga jarak minimal 1,5 meter dan maksimal 18 peserta didik per kelas (sekitar maksimal 50%).

Selanjutnya, SDLB, MILB, SMPLB, MTsLB dan SMLB, MALB juga harus memperhatikan jaga jarak minimal 1,5 meter dan maksimal lima peserta didik per kelas (sekitar maksimal 62-100%).

Sementara itu, PAUD harus memperhatikan jaga jarak minimal 1,5 meter dan maksimal lima peserta didik per kelas (sekitar maksimal 33%).

Kedua, jumlah hari dan jam pembelajaran tatap muka terbatas bergiliran yang dapat ditentukan oleh satuan pendidikan. Hal ini diterapkan dengan mengutamakan kesehatan dan keselamatan warga satuan pendidikan.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Kata Data

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X