Sekolah Wilayah PPKM Level 1-3 Boleh PTM Terbatas, Izin Orang Tua Diutamakan

- Selasa, 10 Agustus 2021 | 20:06 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berdialog dengan siswa saat memantau PTM di Kota Salatiga. (suaramerdeka.com / Surya Yuli P)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berdialog dengan siswa saat memantau PTM di Kota Salatiga. (suaramerdeka.com / Surya Yuli P)



JAKARTA, suaramerdeka.com - Menyusul diperpanjangnya penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pemerintah telah mengubah sejumlah ketentuan terkait pembelajaran tatap muka (PTM).

Kementerian Penedidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mengatakan, sekolah di wilayah PPKM level 1-3 pun diperbolehkan menggelar PTM secara terbatas.

Orang tua tetap diberi kewenangan penuh memberikan izin atau tidak kepada anaknya untuk mengikuti PTM terbatas atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Sekolah pun diwajibkan menyediakan opsi PTM terbatas dan PJJ serta tidak mendiskriminasi murid yang memilih PJJ.

Baca Juga: Kepatuhan Pakai Masker Sudah Baik, Kampanye Lewat Lagu Juga Berpengaruh

“Pelaksanaan PTM terbatas di wilayah PPKM level 1-3 harus tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian, kesehatan, dan keselamatan seluruh insan pendidikan dan keluarganya,” kata Plt. Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbudristek Hendarman seperti dikutip dari keterangan pers, Selasa (10/8).

Keputusan PTM terbatas tertuang dalam Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Nomor 03/KB/202l, Nomor 384 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/4242/2021, Nomor 440-717 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), atau yang disebut dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri.

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Kata Data

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X