Tak Mau Toleransi Pelaku Korupsi, Jokowi: Tegakkan Hukum Seadil-adilnya Tanpa Pandang Bulu

- Rabu, 8 Februari 2023 | 14:55 WIB
Presiden Jokowi mengunhkapkan komitmennya untuk memberantas korupsi di Indonesia tak pernah hilang. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)
Presiden Jokowi mengunhkapkan komitmennya untuk memberantas korupsi di Indonesia tak pernah hilang. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

JAKARTA, suaramerdeka.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan komitmennya untuk memberantas korupsi di Indonesia tak pernah hilang.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa pemerintah terus melakukan langkah-langkah pencegahan dengan membangun sistem pemerintahan dan pelayanan yang transparan dan akuntabel.

Hal itu diungkapkan Presiden Jokowi dalam konferensi pers yang digelar di Istana Negara pada Selasa, 7 Februari 2023.

Baca Juga: Sound Of Downtown 4 Akan Hadir di Semarang, Tampilkan Musisi Atas Indonesia Ada Rizky Febian dan Mahalini

"Komitmen pemerintah terhadap pemberantasan korupsi tidak pernah surut. Upaya pencegahan juga terus dilakukan dengan membangun sistem pemerintahan dan pelayanan publik yang transparan dan akuntabel," ungkap Jokowi.

Jokowi menegaskan bahwa dirinya tidak akan pernah mentolerir tindak pidana korupsi. Para koruptor tidak akan pernah ditoleransi sedikitpun.

"Saya tegaskan kembali, saya tidak akan pernah memberikan toleransi sedikit pun kepada pelaku tindak pidana korupsi," tegas Jokowi.

Baca Juga: Terlalu Bucin Sama Pasangan! 5 Zodiak ini Paling Susah Move On, Kamu Salah Satunya?

Sesuai dengan kesepakatan Indonesia dan negara G20, pemerintah Indonesia akan terus memaksimalkan agenda pemberantasan korupsi ini.

Jokowi menyatakan, posisi Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023 juga akan memperkuat komitmen pemberantasan korupsi dan penegakan hukum.

"Sebagai Ketua ASEAN Indonesia akan menguatkan komitmen pemberantasan korupsi dan penegakan hukum di kawasan," kata Jokowi.

"Dalam konteks hubungan antar negara, keketuaan Indonesia dalam G20 telah menyepakati bahwa agenda prioritas dalam pemberantasan korupsi akan terus dilakukan," lanjutnya.

Baca Juga: Song Hye Kyo Kirim Emoticon Hati untuk Pria Ini di Instagram, Bye Bye Song Joong Ki...

Diketahui, Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia melorot di 2022. Menurut hasil survei dari Transparency International Indonesia (TII), IPK Indonesia Tahun 2022 turun empat poin dari 38 menjadi 34.

Jokowi pun mengingatkan kepada semua jajaran pemerintahan, baik pusat maupun daerah untuk evaluasi dan bisa melakukan perbaikan.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X