Generasi Muda Perlu Kompetensi Mumpuni untuk Hadapi Persaingan Dunia Kerja

- Selasa, 10 Agustus 2021 | 11:40 WIB
Ilustrasi work from office. (suaramerdeka.com / dok)
Ilustrasi work from office. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Di masa persaingan global saat ini, generasi muda harus mempersiapkan dirinya dengan skill yang dibutuhkan untuk masa depan.

Generasi muda harus meningkatkan kompetensinya supaya tidak tergilas persaingan di dunia kerja, sehingga masa depannya bisa lebih terjamin.

Ada banyak cara, program, dan juga beragam platform yang bisa meningkatkan kompetensi generasi muda. Salah satunya adalah program Kartu Prakerja yang dijalankan pemerintah.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari mengatakan, pemerintah terus berupaya meningkatkan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja yang membutuhkan.

Baca Juga: Persiapkan Visi Logistik Indonesia 2025, Ini Tantangan dan Permasalahan Angkutan Multimoda

Dengan mengikuti program Kartu Prakerja, para peserta bisa mendapatkan pembekalan kompetensi kerja dan/atau kewirausahaan (skilling), peningkatan kompetensi kerja dan/atau kewirausahaan (upskilling), atau alih kompetensi kerja (reskilling) bagi tenaga kerja di Indonesia.

Menurut Denni, pemerintah berharap angkatan kerja Indonesia memiliki nilai tawar yang lebih baik karena telah mendapat pembekalan berbagai kompetensi yang memang dibutuhkan pada saat ini dan masa datang.

Denni melanjutkan, program Kartu Prakerja yang telah berlangsung selama lebih dari satu tahun ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Baik generasi muda yang baru mau masuk ke dunia kerja maupun mereka yang sudah bekerja tetapi terdampak pandemi Covid-19 seperti terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Baca Juga: Kejari Yogyakarta Sidik Dugaan Korupsi Kredit Bank Jateng, Kasi Pidsus: belum Ada Tersangka

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pintu Nasdem Terbuka Lebar untuk Ridwan Kamil

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:36 WIB
X