Tahun Politik, Keamanan Jawa Barat Diharapkan Tetap Kondusif

- Jumat, 13 Januari 2023 | 08:12 WIB
Ilustrasi Pemilu 2024. (suaramerdeka.com / dok KPU)
Ilustrasi Pemilu 2024. (suaramerdeka.com / dok KPU)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Memasuki tahun politik menjelang Pemilu 2024, tensi situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Jawa Barat yang merupakan lumbung suara diharapkan tak terlalu terpengaruh. 

Soal pilihan pada Pemilu, tak sampai menimbulkan kegaduhan apalagi sampai membuat berseteru yang berujung pada perbedaan pendapat yang tajam dan menjurus perpecahan.

Hak itu dikatakan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil usai menghadiri Acara Perayaan Natal Bersama TNI, Polri dan PNS Tahun 2022 Sewilayah Korgatap II di Bandung, Kamis 12 Januari 2023.

Baca Juga: Ferry Irawan Ternyata Seorang Pesilat, 'Kehebatannya' Diungkap Venna Melinda: Tahu Berbuat Tanpa Bekas Luka

"Jawa Barat mesti menjadi percontohan daerah yang penduduknya besar tapi sosial politiknya menjelang Pemilu ini tetap aman kondusif," katanya.

Menurut mantan Wali Kota Bandung itu, ada hal yang perlu dikedepankan dan menjadi pertimbangan pada saat pesta demokrasi lima tahunan itu dilaksanakan.

Jangan sampai, tegasnya mewanti-wanti, keutuhan negara terganggu gegara hajatan tersebut.

Baca Juga: Curhat Verrell Bramasta soal Kondisi Venna Melinda: yang Terpenting Sekarang Mama...

"Sudah ada contoh negara bubar, karena itu jangan bertengkar, jaga masa depan Indonesia" jelas Emil.

Untuk keamanan, dirinya percaya akan peran TNI/Polri.

Hanya saja, pihaknya pun mengingatkan bahwa semua pihak pun mesti pula sanggup menjaga suasana kondusif tersebut.

Baca Juga: UPDATE! Info Prakiraan Cuaca Semarang 13 Januari 2023: Berawan Sepanjang Hari

Terlebih, situasi global pun belum sepenuhnya pulih gegara pandemi Covid-19 sehingga krisis masih ada. Meski demikian, pihaknya menegaskan bahwa untuk kondisi perekonomian di Jabar cukup stabil.

"Karena yang penting belilah barang-barang dalam negeri supaya tak tergantung impor. Dinamika di luar, tidak bisa dikontrol, jadi maksimalkan dengan tak menahan belanja itu membuat UMKM, toko-toko bergerak," jelasnya.

Dengan kesadaran untuk sama-sama menjaga kondusivitas wilayah, Ridwan Kamil optimistis dinamika tahun politik di provinsi yang selalu menjadi barometer setiap Pemilu itu dapat berjalan normal.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X