Puluhan Gempa, Sebagian Besar Bersumber dari Laut, Tapi Jangan Abaikan Sesar Darat

- Minggu, 8 Agustus 2021 | 20:25 WIB
gempa. (foto ilustrasi: pikiran-rakyat.com) (Nugroho Wahyu Utomo)
gempa. (foto ilustrasi: pikiran-rakyat.com) (Nugroho Wahyu Utomo)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Dari 49 gempa di wilayah Jabar sepanjang Juli 2021, sebanyak 15 kejadian di antaranya bersumber dari sesar darat. Sedangkan dari puluhan gempa tersebut, sebagian besar bersumber dari laut kidul.

"(Gempa darat) Ini menandakan bahwa sesar yang ada di wilayah Jabar adalah sesar aktif yang perlu diwaspadai oleh masyarakat," kata Kepala Stasiun Geofisika Klas I Bandung, Teguh Rahayu dalam keterangannya, Minggu (8/8).

"Untuk lokasi pusat kejadian gempa bumi lebih dari separuhnya terjadi di laut, sekitar 55 persen, sehingga wilayah pantai selatan Jabar berpotensi terjadinya tsunami yang diakibatkan oleh gempabumi," imbuhnya.

Baca Juga: Tangis Pecah dalam Perpisahan dengan Barcelona, Messi: Saya Mencintai Klub Ini

Meski demikian, magnitude gempa tersebur relatif tak terlalu besar. Besarannya bervariasi antara 1,4 hingga 4,0. Getaran dari laut selatan itu pun belum berhenti.

Termuktahir, pada Minggu (8/8) pukul 17.30 Wib, gempa berkekuatan 4,1 mengguncang wilayah Garut dan sekitarnya. Episentrum gempa terletak di laut pada jarak 55 km barat daya daya "Kota Dodol" pada kedalaman 33 kilometer. 

Sejumlah daerah merasakan getaran seperti Sodonghilir, Pangandaran, Ciamis, Pameungpeuk, Cikajang, Cibalong, Singajaya, hingga Cisompet, dengan Skala Intensitas II MMI, dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Memperhatikan lokasi episentrum dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam menelusup kebawah Lempeng Eurasia.

Baca Juga: Giliran PKL Solo Terima Bantuan TKM dari Kemnaker, Diserahkan Dirjen Binapenta Suhartono

Sehari sebelumnya, dua gempa yang saling berdekatan terjadi. Pusat gempa pertama dengan kekuatan 4,1 juga terletak di laut pada jarak 97 Km barat daya Kabupaten Bandung pada kedalaman 26 kilometer pada Sabtu (7/8) malam.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Sumpah Pemuda, Makna Angka 28 Menurut Feng Shui

Rabu, 27 Oktober 2021 | 20:03 WIB

Catat! Cuti Bersama Natal 2021 Resmi Dihapus

Rabu, 27 Oktober 2021 | 18:23 WIB
X