Antisipasi Kabut Asap, Dinkes Riau Sediakan 350 Ribu Masker

RRI
- Sabtu, 18 Agustus 2018 | 15:54 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RIAU, suaramerdeka.com -  Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih terus terjadi di Provinsi Riau, dan kabut asap tipis mulai menyelimuti wilayah ini. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan, pihaknya telah menyediakan 350 ribu masker untuk di distribusikan ke Kabupaten / Kota. Hal ini untuk mengantisipasi masyarakat terkena penyakit inspeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

“Kita sudah sediakan 350 ribu masker yang dapat di distribusikan ke daerah – daerah, jika sewaktu-waktu dibutuhkan, “katanya, Sabtu (18/8).

Menurut dia, sampai saat ini masih belum ada Kabupaten / Kota, khususnya daerah yang banyak terdapat titik panas, meminta bantuan tambahan masker.

“Tapi sampai sekarang belum ada tuh daerah, terutama wilayah yang banyak titik panas meminta bantuan tambahan maskes, sehingga kita tidak tahu apakah stok mereka mencukupi atau memang belum dibutuhkan,“ujarnya.

Meski kualitas udara masih dalam status normal, Mimi menghimbau kepada masyarakat untuk mengurangi kegiatan di luar rumah atau gedung, dan jika berada di ruang terbuka lebih baik mempergunakan masker, banyak minum air putih dan mengkonsumsi makanan sehat, agar tidak mudah terkena penyakit akibat karhutla serta kabut asap.

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

X