Kemenag Buka Call For Papers Muktamar Pemikiran Santri Nusantara

- Rabu, 15 Agustus 2018 | 14:00 WIB
Foto: Kemenag
Foto: Kemenag

JAKARTA, suaramerdeka.com - Dalam rangka memperingati Hari Santri 2018, Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kementerian Agama membuka call for papers untuk Muktamar Pemikiran Santri Nusantara. Call for papers ini dibuka 12 - 31 Agustus 2018.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ahmad Zayadi memgatakan,  Muktamar Pemikiran Santri Nusantara rencananya akan digelar di Ponpes. Ali Maksum Krapyak, Yogyakarta, 10 - 12 Oktober 2018. Muktamar ini mengusung tema “Islam, Kearifan Lokal dan Tantangan Kontemporer”. 

Subtema atau bidang kajian yang akan dieksplorasi dalam muktamar ini adalah 1) Pesantren dan Moderasi Beragama, 2) Pesantren dan Perempuan, 3) Pesantren dan Kebudayaan, 4) Revitalisasi Keilmuan Pesantren, 5) Bahtsul Masa’il Pesantren dan Inovasi Pemikiran. Subtema atau bidang kajian ini dapat didiskusikan melalui berbagai disiplin ilmu: akidah, filsafat, sejarah, ilmu al-Qur’an, hadis, sosiologi, antropologi, pendidikan, filologi, hukum Islam, psikologi, sains murni, ilmu terapan, dan disiplin lainnya.

"Bagi peserta yang dinyatakan lolos seleksi, panitia akan menanggung biaya yang meliputi biaya transportasi ke tempat muktamar, akomodasi, dan konsumsi selama muktamar berlangsung," terang Zayadi di Jakarta,  Rabu (15/8).

Zayadi menambahkan,  muktamar ini didesain sebagai ajang dialektika pemikiran santri yang tersebar di pelosok tanah air. 

"Kriteria kepesertaan lebih diutamakan dari kalangan santri, baik yang mengajar atau masih belajar sebagai mahasiswa/mahasantri, maupun alumni pondok pesantren yang berprofesi sebagai akademisi, peneliti, praktisi, maupun profesional," ujarnya. 

Bagi yang berminat,  Zayadi meminta calon peserta untuk mengirim abstraksi papernya (tidak lebih 300 kata) dengan bahasa Arab, Inggris, Indonesia, atau Pegon. Pengiriman dibuka dari 12 - 31 Agustus. 

Abstraksi ini akan direview oleh Tim Akademik pada 1 - 3 September untuk diketahui bobot dan mutu pemikirannya. Abstraksi terpilih, akan diminta tulisan penuhnya untuk dikirim pada 5 - 31 September 2018. 

"Berkas paper muktamar dikirim melalui email muktamarsantri2018@gmail.com," ujarnya. 

Halaman:

Editor: Fadhil Nugroho Adi

Tags

Terkini

Sempat Jadi Sultan, Warga Kampung Miliarder Kini Galau

Selasa, 25 Januari 2022 | 22:55 WIB

RK: Kita Tak Pernah Merencanakan Pembangunan Ibukota

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:42 WIB
X