Perdagangan Karbon Penuhi Komitmen Konvensi Perubahan Iklim, Siti Nurbaya: Gunakan Emission Trading System

- Minggu, 8 Agustus 2021 | 08:39 WIB
 (Satrio Wicaksono)
(Satrio Wicaksono)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya menyatakan, perdagangan karbon diupayakan untuk memenuhi komitmen Indonesia kepada masyarakat internasional.

Yaitu sesuai dengan konvensi perubahan iklim yang telah diratifikasi.

Tujuannya untuk pencapaian target NDC hingga mencapai 41 persen dengan dukungan internasional pada tahun 2030.

Baca Juga: MUI Dukung Percepatan vaksinasi Massal, Target 70 Persen WNI Divaksin

“Mekanisme perdagangan karbon yang didorong untuk dapat dikembangkan bekerja sama dengan World Bank adalah mekanisme cap-and-trade. Sistem ini bernama lengkap “emission trading system“ atau sistem perdagangan emisi. Sistem ini umumnya diterapkan dalam pasar karbon wajib karena untuk sistem ini diperlukan pembatasan emisi gas rumah kaca pada pihak-pihak peserta pasar,” papar Menteri Siti Nurbaya.

Penjelasan ini dikemukakan dalam pertemuan bersama Wakil Menteri LHK, Aloe Dohong, Wakil Menteri Luar Negeri, Mahendra Siregar, Wakil Menteri BUMN, Pahala Mansury dan Wakil Menteri Keuangan (diwakili), serta Eselon I dari Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi, Kementerian Koordinator Ekonomi dan National Focal Point atau NFP UNFCCC Indonesia dengan World Bank Country Director Indonesia dan expert senior World Bank, Satu Kahkonen.

Menteri Siti Nurbaya menjelaskan, strategi Indonesia dalam mencapai NDC dengan kombinasi kerja dua sektor besar penurunan emisi pada NDC, yaitu sektor FoLU atau kehutanan dan sektor energi.

Baca Juga: Gempa Bumi 4.1 Magnitudo Terjadi di Kabupaten Bandung

Selain itu dalam meeting dengan Bank Duna ini juga dijelaskan tentang rencana Carbon Net Sink pada NDC sektor Kehutanan atau FoLU tahun 2030 yang telah tercantum dalam Updated NDC (Nationally Determined Contribution).

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rabu Pagi, Lumajang Diguncang Gempa 3,3 SR

Rabu, 8 Desember 2021 | 13:03 WIB

PMI DIY Salurkan Bantuan bagi Korban Erupsi Semeru

Selasa, 7 Desember 2021 | 23:28 WIB

Kemenag Raih Anugerah Meritokrasi KASN 2021

Selasa, 7 Desember 2021 | 21:40 WIB
X