Arzeti Apresiasi Uji BPOM Atas Keamanan Galon Guna Ulang Polikarbonat

- Sabtu, 7 Agustus 2021 | 10:36 WIB
Galon Isi Ulang/Foto Istimewa
Galon Isi Ulang/Foto Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Arzeti Bilbina Huzaimi, sangat mengapresiasi uji migrasi Bisfenol A (BPA) yang dilakukan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terhadap air minum dalam kemasan galon guna ulang berbahan Polikarbonat (PC).

Adapun uji migrasi BPA air dalam kemasan galon guna ulang yang dilakukan BPOM menunjukkan bahwa kadar BPA masih jauh di bawah batas yang diizinkan BPOM. Artinya, air minum galon guna ulang masih aman dikonsumsi.

Sebagai anggota Komisi IX, kebetulan salah satu ruang lingkup tugas Arzeti adalah di bidang kesehatan.

"Kebetulan saya ada di Komisi IX, saya mengapresiasi juga untuk BPOM selama ini juga mereka sudah membuat FGD, sudah melakukan uji terhadap kadar migrasi BPA air minum galon guna ulang, tambahnya.

Baca Juga: Tanggulangi Covid-19 dan Vaksinasi, Kemenkes Sepakati Kerja Sama Pemanfaatan Data Kependudukan

“Itu menunjukkan pemerintah ikut campur tangan untuk menjaga masa depan anak-anak kita menjadi anak-anak yang sehat, anak-anak yang cerdas," ujar Arzeti Bilbina.

Menurut hasil sampling dan pengujian laboratorium terhadap kemasan galon air minum dalam kemasan (AMDK) jenis polikarbonat (PC) atau galon guna ulang yang dilakukan Badan Pengawas Obat dan Makanan pada tahun 2021 menunjukkan adanya migrasi Bisfenol A (BPA) dari kemasan galon sebesar rata-rata 0,033 bpj.

Nilai ini jauh di bawah batas maksimal migrasi yang telah ditetapkan BPOM, yaitu sebesar 0,6 bpj.

Baca Juga: Dosis Terbatas, Belum Semua Buruh Pabrik di Tengaran Divaksin

Dalam rilis resminya BPOM menjelaskan bahwa Bisfenol A (BPA) adalah senyawa kimia pembentuk plastik jenis Polikarbornat (PC). BPA berbahaya bagi kesehatan apabila terkonsumsi melebihi batas maksimal yang dapat ditoleransi tubuh.

Selain galon guna ulang, banyak kemasan makanan yang menggunakan lapisan plastik yang mengandung polikarbonat.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X