Kejagung Usut Dugaan Pemerasan Pengusaha di Lingkup Kejaksaan

- Jumat, 9 Desember 2022 | 14:17 WIB
foto ilustrasi (pixabay)
foto ilustrasi (pixabay)

suaramerdeka.com - Kejaksaan Agung (Kejagung) memastikan tengah mengusut dugaan pemerasan oleh oknum penyidik kejaksaan atas penanganan perkara dengan tersangka Agus Hartono alias AH.

AH merupakan seorang pengusaha di Kota Semarang yang ditetapkan tersangka oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah (Kejati Jateng) atas kasus dugaan tindak pidana korupsi pemberian kredit dari sejumlah bank ke PT CGP.

Dalam prosesnya, tersangka AH kemudian melakukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri (PN) Semarang. Hasilnya, hakim PN Semarang mengabulkan perhomonan AH dengan menyatakan penetapan tersangka tersebut tidak sah dan tidak berkekuatan hukum.

Baca Juga: Kliennya Bakal Kembali Diperiksa? Kamaruddin: Terkesan Dipaksakan

Berdasarkan informasi yang diterima, sejumlah penyidik atau jaksa di lingkup Kejati Jateng kini tengah diperiksa oleh Jaksa Agung Muda Pengawasan (Jamwas) Kejagung. Hal tersebut berdasarkan keterangan Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Ketut Sumedana.

"Jamwas dengan jajarannya sudah turun, sudah hampir semua dilakukan pemeriksaan termasuk tim yang melakukan pemberkasan atas perkara AH (Agus Hartono)," kata Ketut.

Dia memastikan, Jaksa Agung akan memberikan sanksi tegas kepada oknum jaksa yang terbukti melakukan pelanggaran disiplin dan penyalahgunaan wewenang.

Baca Juga: Kamaruddin Minta KPK Periksa LHKPN Oknum Jaksa yang Menangani Perkara Kliennya

Sementara itu, Agus Hartono mengaku, dirinya juga sudah diperiksa dan dimintai keterangan oleh Jamwas Kejagung terkait laporannya.

Dalam pemeriksaan Jamwas, Agus Hartono dikonfrontir dengan para terlapor atau pihak yang disebut melakukan percobaan pemerasan Rp 10 miliar untuk dua SPDP (Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan).

Halaman:

Editor: Eko Fataip

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X