Mantan Jaksa Pinangki Masih Berstatus ASN, MAKI: Ada Apa dengan Jaksa Agung?

- Jumat, 6 Agustus 2021 | 13:45 WIB
Boyamin Saiman/Foto Pikiran Rakyat Bekasi
Boyamin Saiman/Foto Pikiran Rakyat Bekasi

SEMARANG, suaramerdeka.com - Status Mantan Jaksa Pinangki Sirna Malasari yang masih menjadi pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) meski sudah dijebloskan di lembaga pemasyarakatan wanita Tengerang, menjadi sorotan masyarakat.

Koordinator Masyarakat Anti Korupsi (MAKI), Boyamin Saiman menyebut seharusnya Pinangki diberhentikan secara tidak hormat, sehingga negara tidak menggaji seorang koruptor.

"Sampai sekarang (Pinangki) juga belum dicopot dari PNS-nya. Mestinya dia karena melakukan tindak pidana korupsi harusnya segera diproses untuk diberhentikan dengan secara tidak hormat," ujar Boyamin dalam keterangannya, Jumat 6 Agustus 2021.

Jaksa Agung ST Burhanuddin pun tak luput dari sorotan MAKI.

Baca Juga: Taat Pribadi Bakal Habis-habisan di PON Papua, Tetap Semangat Tak Kenal Usia

"Sesuai ketentuan undang-undang bahwa orang yang melakukan korupsi itu jika sudah mendapatkan putusan inkrah (berkekuatan hukum tetap) maka ya langsung diberhentikan dengan tidak hormat. Copot saja Jaksa Agung," ujarnya, seperti dikutip dari wawasan.suaramerdeka.com

Menurut dia, jika Jaksa Agung berdalih masih dalam proses, itu hanyalah sekadar alasan saja. Mestinya, pemecatan dengan tidak hormat bisa dilakukan dalam waktu atau hari secara administrasi.

"Jadi saya rasa apa yang terjadi pada Pinangki, memang sesuatu keistimewaan lain yang didapatkannya karena tidak segera diberhentikan. Karena apapun alasannya, belum diberhentikannya Pinangki berarti ia masih berhak untuk mendapatkan gaji, meskipun itu hanya gaji pokok yang jumlahnya sekian persen dari gaji totalnya," ucapnya.

Baca Juga: Pengecatan Pesawat Kepresidenan di Masa Pandemi Covid-19, Pengamat: Tidak Ada Urgensinya

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengacara Kamaruddin Minta Oknum Jaksa Diperiksa

Jumat, 25 November 2022 | 16:48 WIB

RUU KUHP Segera Disahkan, Ini Komentar Ahli Hukum

Jumat, 25 November 2022 | 14:12 WIB
X