Testing Membaik dalam Seminggu Terakhir, Wiku: Harus Ditindaklanjuti dengan Upaya Kesehatan

- Jumat, 6 Agustus 2021 | 09:00 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. (suaramerdeka.com / dok) (Nugroho Wahyu Utomo)
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. (suaramerdeka.com / dok) (Nugroho Wahyu Utomo)

JAKARTA, suaramerdeka.com – Upaya testing (pemeriksaan) secara nasional menunjukkan perkembangan baik dalam seminggu terakhir.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyebut, rata-rata jumlah pemeriksaan spesimen harian bulan Juli 2021 meningkat sebesar 94,71 persen dibandingkan bulan Juni 2021.

Upaya testing sebagai bagian dari upaya 3T (testing, tracing dan treatment), berbarengan dengan kepatuhan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci masker (3M) secara konsisten dan percepatan vaksinasi.

"Rata-rata pemeriksa orang harian di bulan Juli, mengalami peningkatan lebih dari 2 kali lipat dibandingkan bulan Juni 2021," kata Wiku, dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Kamis (5/8/2021) yang juga disiarkan kanal YouTube BNPB Indonesia.

Baca Juga: Kenaikan Imbal Hasil Obligasi AS, Emas Berjangka Jatuh

Pada prinsipnya, kata Wiku, testing menjadi sebuah prioritas karena memiliki berbagai fungsi pencegahan melalui deteksi dini.

Di antaranya, dapat menekan angka transmisi virus Covid-19, mencegah keparahan penyakit, mengurangi angka kematian, serta melindungi ketahanan sistem kesehatan nasional.

"Namun dengan catatan, ditindaklanjuti dengan upaya kesehatan masyarakat lainnya, seperti perawatan, isolasi, pelacakan kontak, karantina dan informasi kesehatan lanjutan," kata Wiku 

Saat ini, pemerintah Indonesia mencoba mempermudah daerah dalam mentargetkan jumlah orang yang harus di tes per harinya berdasarkan tigkat positivity rate atau hasil positif yang dilakukan secara mingguan per kabupaten/kota.

Baca Juga: Perusak Fasilitas RSUD Cilacap Terancam Penjara 2,8 Tahun

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Camat Gajahmungkur Siap Fasilitasi Kegiatan Badko LPQ

Selasa, 7 Februari 2023 | 22:28 WIB

Gus Yahya: Jangan Sampai Peradaban Runtuh

Selasa, 7 Februari 2023 | 14:02 WIB

Ini 4 Quotes Para Tokoh Terkait Peringatan 1 Abad NU

Selasa, 7 Februari 2023 | 12:42 WIB
X