YIA Jadi Bandara Pertama di Indonesia Peroleh Sertifikasi Greenship Building

- Kamis, 5 Agustus 2021 | 16:01 WIB
Bandara Internasional Yogyakarta./Dok. Airport
Bandara Internasional Yogyakarta./Dok. Airport

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo atau bandara YIA berhasil meraih sertifikat “Gold” Greenship dari Green Building Council Indonesia (GBCI).

Raihan ini membuat bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura Airports ini menjadi yang pertama dan satu-satunya bandara di Indonesia yang dengan sertifikat “Gold” Greenship Building.

“Pencapaian ini sekaligus memperkuat misi Angkasa Pura Airports dalam menghadirkan sarana dan prasarana perhubungan yang berkontribusi positif kepada lingkungan hidup secara berkelanjutan," ujar Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis 5 Agustus 2021.

"Kami merasa sangat bangga dengan raihan ini dan berharap YIA dapat menjadi contoh bagi pembangunan bandara dengan konsep hijau dan ramah lingkungan untuk generasi Indonesia di masa mendatang,” imbuhnya .

Baca Juga: Bangga, Siswa SMPN 2 Ambarawa Lolos Beasiswa Masuk SMA Taruna Nusantara

Untuk meraih Sertifikat Gold dari GBCI, bandara YIA telah melalui serangkaian penilaian dan persyaratan hingga layak disebut green building.

Penilaian ini berdasarkan pada aspek-aspek seperti efisiensi dan penghematan energi (efficiency and conservation).

penghematan air (water conservation), pengembangan lokasi gedung (appropriate site development), siklus dan sumber daya material (material resource and cycle).

Kenyamanan dan kesehatan gedung (indoor health comfort), dan pengelolaan lingkungan gedung (building environmental management).

Baca Juga: Garena Apresiasi Greysia/Apriyani, Hadiahi Diamond Free Fire Gratis Seumur Hidup

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Sumber: BUMN

Tags

Terkini

Target 8 Kursi, PKB Kota Semarang Gelar Evaluasi

Minggu, 26 September 2021 | 19:45 WIB

CSIS: Komunikasi Politik Airlangga Hartarto Kuat

Minggu, 26 September 2021 | 17:40 WIB
X