Penelitian Ilmiah Buktikan Vaksin Efektif Cegah Kematian dan Melindungi dari Semua Varian Covid-19

- Kamis, 5 Agustus 2021 | 12:00 WIB
dr Reisa Broto Asmoro. (suaramerdeka.com / dok)
dr Reisa Broto Asmoro. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Dokter Reisa Broto Asmoro menegaskan, masih ada pekerjaan rumah yang masih harus dihadapi dalam pandemi Covid-19 ini. Yakni menekan angka kematian.

dr Reisa mengutip penjelasan Menteri Budi Gunadi Sadikin tentang korelasi angka kematian dengan upaya pengendalian Covid-19 lainnya. Intervensi pertama adalah meningkatkan jumlah pemeriksaan atau tes agar dapat mengetahui yang sebenar-benarnya peta penyebaran.

Agar pelacakan dapat dilakukan dengan cepat, isolasi segera diterapkan dan kesembuhan naik pesat, dan kematian dapat ditekan seminimal mungkin.

Tingkat pemeriksaan kurang akan membuat indonesia dan bahkan dunia buta memahami di mana penyakit itu berada dan bagaimana perubahannya.

Baca Juga: Kurangi Risiko Kematian Akibat Varian Baru, Perlu Adaptasi Baru dan Sikap Proaktif Masyarakat

“Tanpa tingkat pengujian yang lebih baik, kita tidak dapat melawan penyakit tersebut atau mengurangi risiko munculnya varian baru yang lebih berbahaya,” ujar dr. Reisa, Rabu (4/8).

Saat ini, lanjutnya, pemerintah telah menyiapkan sistem dan tenaga kesehatannya. Adapun peran masyarakat, yakni siap dan berani dites serta jujur saat dilacak.

Intervensi kedua adalah mempercepat laju vaksinasi. Fakta sains membuktikan vaksin efektif melindungi dari kesakitan berat, perawatan rumah sakit, dan bahkan kematian.

Dia memaparkan, hasil penelitian yang diterbitkan di New England Journal of Medicine tanggal 7 Juli 2021 menyatakan results vaksin Sinovac efektif mencegah Covid-19, termasuk penyakit parah dan kematian.

Baca Juga: Angka Kasus Stunting di Kebumen Menurun, Penanganan Terhambat Pandemi

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Target 8 Kursi, PKB Kota Semarang Gelar Evaluasi

Minggu, 26 September 2021 | 19:45 WIB

CSIS: Komunikasi Politik Airlangga Hartarto Kuat

Minggu, 26 September 2021 | 17:40 WIB
X