Hati-hati Warganet! Menyebar Foto Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar, Ancaman Penjara 4 Tahun Menanti

- Rabu, 7 Desember 2022 | 13:46 WIB
Polsek Astana Anyar terkena ledakan bom yang diduga bom bunuh diri. (foto; twitter  @yusuf_dundum)
Polsek Astana Anyar terkena ledakan bom yang diduga bom bunuh diri. (foto; twitter @yusuf_dundum)

BANDUNG, Suaramerdeka.com - Sebuah ledakan bom bunuh diri baru saja terjadi sekitar pukul 08.30 WIB pada Rabu, 7 Desember 2022 di Kantor Polsek Astana Anyar Kota Bandung, Jawa Barat.

Kejadian ledakan bom bunuh diri di Kantor Polsek Astana Anyar yang dibenarkan oleh Mabes Polri ini telah menewaskan sang pelaku dengan 3 anggota Polisi mengalami luka-luka.

Dari kejadian bom bunuh diri di Kantor Polsek Astana Anyar, ada hal lain yang perlu diperhatikan terutama oleh warganet dalam menyebarkan foto-foto terkait peristiwa tersebut.

Tidak dipungkiri, di era citizen journalism dimana aktivitas jurnalistik telah menjadi biasa dilakukan oleh warga yang bukan wartawan, penyebaran informasi terkadang menjadi tidak terkendali.

Baca Juga: Tinggal WhatsApp Nomor Ini, Ingin Mendapatkan Set Top Box Gratis, Buruan! daripada Nyesel

Untuk mengendalikan fenomena ini yang sangat mungkin menimbulkan efek negatif, pemerintah telah memberlakukan larangan untuk menyebar informasi tertentu dalam beberapa pasal UU ITE.

Terlebih jika informasi-informasi yang disebarkan disalahgunakan untuk tujuan pribadi yang merugikan orang lain.

Salah satu dari informasi yang dimaksud termasuk menyebarkan foto potongan tubuh pelaku atau korban bom bunuh diri.

“Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan Informasi elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti yang ditujukan secara pribadi".

Baca Juga: Ngapain Susah Payah Beli Set Top Box? Ada yang Bisa Nonton Siaran TV Digital Tanpa Set Top Box, Ini Rahasianya

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X