Lonjakan Covid-19 Luput dari Prediksi, Pemda Diminta Tak Ragu Refocusing Anggaran

- Kamis, 5 Agustus 2021 | 07:30 WIB
Ilustrasi Covid-19 (pixabay)
Ilustrasi Covid-19 (pixabay)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Lonjakan dahsyat kasus Covid-19 yang terjadi pada Juni lalu dinilai luput dari prediksi pemerintah pusat dan pemda pada saat menyusun anggaran (APBN dan APBD) 2021.

Saat penyusunan APBN dan APBD 2021, pemerintah bersama DPR berasumsi pengendalian pandemi Covid-19 tahun ini akan terkendali.

Maka dari itu, Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim menyarankan agar pemda tidak ragu melakukan refocusing anggaran sehingga program-program penanganan Covid-19 di daerah dapat berjalan dengan lancar.

“Sehingga APBN dan APBD disusun dengan asumsi situasi 2021 sudah normal. Tidak lagi diproyeksi sebagai situasi bencana. Inilah yang menjelaskan mengapa pemerintah terkesan gagap menghadapi ‘outbreak’ Covid-19 mulai bulan Juni kemarin,” papar Luqman dalam rilisnya, Rabu (4/8/2021).

Baca Juga: Pemahaman Kesetaraan Gender Dapat Diwujudkan Lewat Pencapaian Target SDGs

Pemerintah, kata Luqman, sebenarnya sudah berkali-kali melakukan refocusing anggaran untuk merespons terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

Luqman mengatakan, pemerintah pusat juga telah meminta daerah-daerah untuk secepatnya melakukan refocusing anggaran, terutama untuk pengadaan anggaran bantuan sosial (Bansos) bagi masyarakat terdampak Covid-19.

“Namun, refocusing dan belanja Bansos di daerah-daerah berjalan lamban. Kenapa? Karena banyak daerah trauma atas realisasi anggaran bansos 2020 yang mendatangkan masalah pada saat BPK melakukan audit,” ujar politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Baca Juga: JISC, Ajang Pertukaran Budaya dan Perkuliahan Manca Negara

Luqman pun meminta pemerintah daerah agar tidak ragu melakukan refocusing anggaran sehingga tidak ada lagi program-program penanganan pandemi yang terhambat.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pintu Nasdem Terbuka Lebar untuk Ridwan Kamil

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:36 WIB
X