Gunung Semeru Kembali Erupsi, Masyarakat Kembali Diminta Waspadai Potensi Awan Panas Guguran

- Selasa, 6 Desember 2022 | 22:15 WIB
Gunung Semeru saat meletus dan menyemburkan awan panas. (Twitter @BPBP_Indonesia)
Gunung Semeru saat meletus dan menyemburkan awan panas. (Twitter @BPBP_Indonesia)

LUMAJANG, Suaramerdeka.com - Sejak Minggu siang hari, Gunung Semeru telah dikonfirmasi PVMBG ESDM mengalami erupsi dan naik menjadi level Awas dari level Siaga.

Erupsi Gunung Semeru yang disertai dengan guguran awan panas ini memaksa ribuan warga harus mengungsi ke 12 titik posko yang telah disediakan oleh pemerintah daerah.

Masih menurut PVMBG ESDM melalui akun media sosialnya, Erupsi Gunung Semeru kembali terjadi pada Senin, 5 Desember 2022 pukul 23.13 WIB.

Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitude maksimum 20 mm dan durasi 0 detik meskipun visual letusan tidak teramati.

Baca Juga: Tinggal WhatsApp Nomor Ini, Ingin Mendapatkan Set Top Box Gratis, Buruan! daripada Nyesel

Gunung Semeru seperti belum lelah karena Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM lagi-lagi melaporkan hal yang sama.

“Terjadi erupsi G. Semeru pada hari Selasa, 06 Desember 2022, pukul 05:02 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 400 m di atas puncak (± 4076 m di atas permukaan laut),” kata PVMBG.

Jika kemarin visual tidak teramati, maka hari ini kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah selatan dan barat daya.

Erupsi hari ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 23 mm dan durasi 73 detik.

Baca Juga: Ngapain Susah Payah Beli Set Top Box? Ada yang Bisa Nonton Siaran TV Digital Tanpa Set Top Box, Ini Rahasianya

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X