Letusan Gunung Semeru Dipastikan Tak Sebabkan Tsunami, Simak Penjelasan BNPB Berikut

- Selasa, 6 Desember 2022 | 07:00 WIB
Ilustrasi letusan Gunung Semeru. (suaramerdeka.com / dok)
Ilustrasi letusan Gunung Semeru. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA suaramerdeka.com - Letusan Gunung Semeru Minggu 4 Desember dini hari dipastikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tidak menyebabkan tsunami.

Adapun konfirmasi dari BNPB ini sekaligus meluruskan kabar yang menyebut pascaluncuran awan panas guguran (APG) tsunami Gunung Semeru akan menimbulkan tsunami hingga ke negara Jepang.

“Ada beberapa alasan kenapa berita tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan, antara lain Gunung Semeru merupakan gunung api darat dengan jarak cukup jauh dari laut," tulis keterangan BNPB, Senin 5 Desember 2022.

Baca Juga: Kinerja Ekspor Jateng Terus Turun, Neraca Perdagangan Jawa Tengah Alami Defisit

"Sehingga potensi letusan/pyroclastic/partial collapse tidak sampai ke laut dan tidak bisa membangkitkan tsunami," sambung rilis tersebut.

Posisi Gunung Semeru berada di Selatan Jawa disebutkan BNPB.

Jadi, kecil kemungkinan tsunami yang terjadi bisa menjangkau negara Jepang, karena terhalang gugusan pulau-pulau di Indonesia, apabila terjadi longsoran di Pantai Selatan Jawa akibat aktivitas vulkanik.

Baca Juga: Siapkan Upaya Konkret Jateng Hadapi Resesi Suara Merdeka Network Gelar SBA Connection

"Berdasarkan analisa tersebut, kabar yang beredar tentang letusan Gunung Semeru akan menyebabkan tsunami hingga ke negara Jepang, dapat dipastikan tidak tepat," jelasnya.

BNPB mengimbau, kepada seluruh masyarakat agar hanya mempercayai kabar yang bersumber dari lembaga berwenang di Indonesia.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X