Gunung Semeru Keluarkan APG, Pemkab Lumajang Tetapkan Tanggap Darurat Bencana Selama 14 Hari

- Minggu, 4 Desember 2022 | 22:50 WIB
Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat dikonfirmasi di Pos Pengungsian Desa Penanggal, Minggu (4/12/2022) menetapkan tanggap darurat selama 14 hari. (foto: dok Kominfo-lmj)
Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat dikonfirmasi di Pos Pengungsian Desa Penanggal, Minggu (4/12/2022) menetapkan tanggap darurat selama 14 hari. (foto: dok Kominfo-lmj)

LUMAJANG, suaramerdeka.com - Akibat Gunung Semeru memuntahkan Awan Panas Figuran (APG), Pemkab Lumajang menetapkan masa tanggap darurat bencana selama 14 hari.

"Tanggap darurat 14 hari sejak hari ini, SK Bupati segera saya tandatangani," ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat dikonfirmasi di Pos Pengungsian Desa Penanggal, Minggu, 4 Desember 2022, dikutip dari laman resmi lumajangkab.

Cak Thoriq juga menyampaikan, bahwa sebelumnya Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi telah menetapkan status gunung semeru naik menjadi Awas level IV.

Oleh karenanya, masyarakat yang berada di zona merah diminta untuk mengosongkan tempat dan mengevakuasi diri di posko pengungsian yang telah disediakan.

Baca Juga: Cuma WhatsApp Nomor Ini, Kalau Ingin Mendapatkan Set Top Box Gratis, Cepetan! daripada Nyesel

"Sejalan dengan status gunung semeru yang awas, saya memerintahkan seluruh OPD sesuai dengan tugas dan fungsinya untuk mengkonsolidasi para pengungsi bisa diintervensi karena tersebar di beberapa tempat dan penyebarannya lebih luas," katanya.

Sementara itu, disinggung mengenai kemungkinan adanya korban, bupati menjelaskan, bahwa sampai dengan berita ini diturunkan masih belum ada laporan jumlah korban maupun laporan kehilangan dari masyarakat.

"Belum mendapatkan laporan korban, hanya beberapa penanganan yang harus ditangani tim medis, tadi ada bayi umur beberapa bulan tetapi sudah mendapatkan penanganan medis di puskesmas," jelasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya, Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) meninjau Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro salah satu lokasi terdampak awan panas guguran Gunung Semeru, Minggu, 4 Desember 2022.

Baca Juga: Gak Usah Buru buru Beli Set Top Box, Cek Dulu Mungkin TV Analog Lama Sudah Support TV Digital, Ini Caranya

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X