Gempa di Solok Adalah Jenis Tektonik Kerak Dangkal

- Sabtu, 21 Juli 2018 | 20:15 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

SOLOK, suaramerdeka.com - Gempa bumi yang terjadi di Solok, Sumatera Barat merupakan jenis gempa bumi tektonik kerak dangkal. Gempa ini terjadi akibat aktivitas zona sesar Sumatera pada segmen Sumani. Hal itu disampaikan Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono.

Gempa bumi dengan magnitude 5,5 Skala Richter (SR) itu terjadi pada Sabtu (21/7), pukul 14.58 WIB. Pusat gempa terletak di koordinat 1.07 LS dan 100,55 BT, atau tepatnya di darat pada jarak 15 Km arah barat daya kota Solok, Kabupaten Solok, Sumatera Barat pada kedalaman 14 Km.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis sesar geser mendatar (Strike Slip)," kata Rahmat Triyono.

Dampak gempabumi berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG), lanjut Rahmat, menunjukkan guncangan dirasakan antara lain di daerah Kota Padang dan Painan I-II SIG (II-V MMI). Sesuai dengan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di Gunungtalang II SIG BMKG (V MMI), Kota Padang II SIG BMKG (III-IV MMI), Bukittinggi II SIG BMKG (III MMI), Padang Panjang  dan Padang Pariaman I-II SIG BMKG (II-III MMI), dan Sawahlunto I SIG BMKG (II MMI).

Hingga pukul 15.14 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Perlu diketahui, gempa bumi mengguncang kota Solok, Sabtu (21/7) pukul 14.58 WIB. Pada peristiwa tersebut, seorang warga dilaporkan meninggal dunia. Korban tercatat bernama Buyuang Jenggo, berusia 70 tahun, warga Nagari Batang Barus, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, yang meninggal akibat tertimpa material rumahnya yang roboh akibat guncangan gempa.

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan Bencana dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur, gempa juga menyebabkan sejumlah rumah hancur.

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Pintu Nasdem Terbuka Lebar untuk Ridwan Kamil

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:36 WIB

Menyikapi Penurunan Kualitas Demokrasi Selama Pandemi

Kamis, 2 Desember 2021 | 21:23 WIB
X