Ajukan Laksamana Yudo Margono sebagai Calon Panglima TNI, Jokowi: Kita Rotasi Matra

- Rabu, 30 November 2022 | 08:15 WIB
Presiden Jokowi menjawab pertanyaan awak media di Rumah Adat Radakng, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, pada Selasa, 29 November 2022. Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev
Presiden Jokowi menjawab pertanyaan awak media di Rumah Adat Radakng, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, pada Selasa, 29 November 2022. Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev

PONTIANAK, suaramerdeka.com - Presiden Joko Widodo sudah mengajukan Laksamana TNI Yudo Margono sebagai calon tunggal Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa.

Panglima TNI kan sudah kita ajukan. Panglima TNI sudah diajukan ke DPR untuk mendapatkan persetujuan,” ujar Presiden Jokowi kepada awak media di Rumah Adat Radakng, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, pada Selasa, 29 November 2022 dilansir dari presiden ri.go.id.

Kepala Negara mengungkapkan, salah satu alasan pengajuan Laksamana TNI Yudo Margono yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) adalah rotasi matra.

Baca Juga: Gak Perlu Sedih, Televisi Tidak Support Digital dan Tak Muncul Scan, Atasi dengan Tips Ini Tanpa Set Top Box

Seperti diketahui, sebelumnya jabatan Panglima TNI diisi oleh Jenderal Andika Perkasa yang berasal dari TNI Angkatan Darat dan sebelumnya lagi oleh Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang berasal dari TNI Angkatan Udara.

“Satu, yang kita ajukan satu (calon), KSAL yang sekarang karena memang kita rotasi matra,” imbuhnya.

Surat Presiden (Surpres) Panglima TNI sendiri telah disampaikan kepada DPR oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Selanjutnya Laksamana TNI Yudo Margono akan segera menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR.

Baca Juga: Pria Ini Mengaku Susah Menerima Siaran TV Digital, Padahal Sudah Pakai Antena TV Digital dan Set Top Box

Untuk diketahui, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan memasuki masa pensiun pada tanggal 21 Desember dan memasuki masa pensiun sebagai TNI yakni 1 Januari 2023.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X