Madrasah Robotic Competition Digelar, Jaring Bakat Siswa Madrasah Di Bidang Robotika

- Jumat, 25 November 2022 | 16:30 WIB
Madrasah Robotic Competition (MRC) ialah kompetisi robot tingkat Madrasah merupakan program tahunan Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. / suaramerdeka.com
Madrasah Robotic Competition (MRC) ialah kompetisi robot tingkat Madrasah merupakan program tahunan Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. / suaramerdeka.com

SLEMAN, suaramerdeka.com - Madrasah Robotic Competition (MRC) sebuah kompetisi robot tingkat Madrasah merupakan program tahunan Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Kompetisi ini diperuntukkan bagi siswa-siswi madrasah di seluruh Indonesia mulai dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

Direktur KSKK Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof H Moh Isom menuturkan MRC tahun ini adalah tahun yang kedelapan. Tahun pertama pada 2015 diselenggarakan di Cilandak Town Square Jakarta Selatan.

Baca Juga: Lesti Kejora dan Rizky Billar Bantah Isu Bangkrut dengan Donasi Gempa Cianjur 500 Juta

Tahun ini, MRC 2022 diselenggarakan secara tatap muka dan digelar di GOR Universitas Negeri Yogyakarta pada 22-23 November 2022.

"Digelarnya MRC 2022 di GOR UNY ini harapannya adalah agar terbuka jejaring baru antara siswa-siswi madrasah yang memiliki minat dan bakat di bidang robotika dengan praktisi dan akademisi robotika di perguruan tinggi, seperti UNY dan Yogyakarta adalah pilihan kota yang tepat untuk MRC tahun ini," tutur Moh Isom, Rabu 23 November 2022.

MRC 2022 mengambil tema The Next Generation of Robots Making Better Life. Tema ini selaras dengan semangat bangsa Indonesia untuk pulih bersama dan bangkit lebih kuat dari Pandemi Covid-19.

Baca Juga: Selamat Hari Guru Nasional 2022, Seskab: Teruslah Berdarmabakti untuk Bangsa dan Negara

"Selain itu, tema ini juga menyerukan kepada peserta bahwa teknologi-teknologi yang akan mereka ciptakan mesti memiliki kebermanfaatan bagi kehidupan yang lebih baik," sambungnya.

Ada dua kategori yang dilombakan dalam MRC 2022. Pertama, Robot Inovasi untuk jenjang MI, MTS dan MA. Dalam kategori ini, peserta diminta membuat model robot.

Halaman:

Editor: Jati Prihatnomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X