Sesar Mandiri Bukan Penyebab Gempa Cianjur, Ini Kata Ahli Geologi Unpad

- Kamis, 24 November 2022 | 08:12 WIB
Ilustrasi gempa Cianjur. (dok.BMKG)
Ilustrasi gempa Cianjur. (dok.BMKG)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Pemicu gempa bumi berkekuatan dengan magnitudo 5,6 di Cianjur, Senin 21 November 2022 diduga karena pergerakan sesar Cimandiri.

Ahli Geologi Unpad DR. Ir. Ismawan, M.T meragukan atas pemicu gempa Cianjur tersebut.

Ini karena didukung salah satu hipotesis yaitu lokasi episenter gempa Cianjur yang berada jauh dari bentangan Sesar Cimandiri.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Semarang 24 November 2022: Berawan, Awas! Ada Potensi Hujan Ringan

"Yang jelas, saya yakin ini bukan bagian dari sesar Cimandiri, meskipun arahnya sama,” kata Ismawan dikutip Kanal Media Unpad.

Kawasan Cugenang yang menjadi episenter gempa Cianjur, menurut Ismawan, berjarak sekira 10 kilometer di sebelah utara jalur patahan Cimandiri.

Sementara, jalur sesar Cimandiri sendiri bermula dari Palabuhanratu lalu membentang ke arah timur dan berbelok ke utara di sekitar kawasan episenter gempa kemarin.

Baca Juga: Turun di Jateng, Komisi II DPR Sambangi BPN Pantau Proyek Strategis Nasional

Hasil penelitian sebelumnya menyatakan, bahwa lebar dari sesar Cimandiri adalah berkisar 8 hingga 10 meter, sehingga memperkuat dugaan tersebut.

Selain itu, lokasi episenter gempa dengan kedalaman 10 kilometer dipastikan berada di luar jalur sesar tersebut dikarenakan kontur dari sesar Cimandiri memiliki kemiringan ke arah selatan.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X