Radiologi Deteksi Awal Pasien Covid-19, Menkes: Upaya Cegah Kematian

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 17:57 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Nugroho Wahyu Utomo)
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Nugroho Wahyu Utomo)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Radiologi memberi manfaat dalam mendeteksi awal dan lanjutan pasien Covid-19, sebagai salah satu upaya untuk menurunkan angka kematian akibat Covid-19.

"Penyediaan modalitas radiologi meningkatkan kapasitas respons dan upaya menurunkan mortalitas akibat COVID-19," kata Menkes Budi dalam Seminar Keselamatan Nuklir 2021 dengan tema Peningkatan Efektivitas Pengawasan Ketenaganukliran di Era Pandemi yang dipantau di Jakarta, Rabu, seperti dikutip dari Antara.

Untuk itu, aspek keamanan dan keselamatan, termasuk perizinan dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) harus tetap terjamin dan dilaksanakan sesuai regulasi.

Baca Juga: Update Covid 4 Agustus: Pasien Sembuh Terus Bertambah, Kini Mencapai 2.907.920 Juta Orang

Dia mengatakan salah satu penunjang pemeriksaan COVID-19 yaitu dilakukan diagnosa awal dan lanjutan dengan modalitas radiologi.

Pada awal deteksi dilakukan pemeriksaan toraks dengan mobile X-ray, kemudian dilanjutkan dengan CT-scan melalui berbagai sumber daya dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Menurut Menkes Budi, dengan meningkatnya peralatan modalitas peralatan radiologi maka aspek keamanan, keselamatan dan keandalan alat menjadi sangat penting termasuk perizinan kepada Bapeten selaku pengawas pemanfaatan alat radiasi.

Rumah sakit atau fasilitas kesehatan juga diharapkan tetap menjaga mutu peralatan kesehatan dengan melakukan kalibrasi dan pengujian alat dengan penerapan prosedur sesuai regulasi.

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemenag Raih Anugerah Meritokrasi KASN 2021

Selasa, 7 Desember 2021 | 21:40 WIB

Safar: Program JKN KIS, Jaminan Kesehatan yang Mumpuni

Selasa, 7 Desember 2021 | 14:07 WIB
X