Pengacara Kondang Kamaruddin Datangi Komisi Kejaksaan, Ini yang Diminta

- Minggu, 20 November 2022 | 07:56 WIB
Pengacara kondang Kamaruddin saat mendatangi Komisi Kejaksaan (suaramerdeka.com/dok)
Pengacara kondang Kamaruddin saat mendatangi Komisi Kejaksaan (suaramerdeka.com/dok)

suaramerdeka.com - Pengacara kondang Kamaruddin Simanjuntak bersama timnya mendatangi Komisi Kejaksaan untuk meminta perlindungan hukum dan keadilan atas dugaan kriminalisasi yang menimpa kliennya, yang merupakan pengusaha di Kota Semarang.

"Klien kami secara pribadi adalah sebagai avalis atau penjamin atas hutang piutang perusahaan atas pemberian kredit oleh salah satu bank. Sebagai penjamin, klien kami menyerahkan sertifikat beberapa bidang obyek tanah dan bangunan," katanya.

Dalam perjalanannya, kliennya tersebut telah melepaskan saham dan pengurusan pada PT CGP sehingga tidak ada ikatan apapun lagi. Kendati demikian, kliennya selaku penjamin kredit, tetap menjadikan sertifikat beberapa bidang tanah yang dimiliki sebagai agunan.

Baca Juga: Surat Dakwaan Tindak Pindana Ferdy Sambo Lengkap, Kamaruddin: Hakim Bisa Langsung Vonis Mati

Hingga kemudian, PT CGP diputus pailit oleh PN Semarang yang kemudian penyelesaian semua tagihan hutang piutang diurus oleh kurator yang ditunjuk oleh hakim.

"Klien kami adalah juga korban dari adanya pailit dimaksud, terbukti bahwa klien kami selaku penjamin hutang piutang perusahaan, sampai saat ini belum juga mendapatkan ganti rugi atas obyek jaminan hutang piutang perusahaan dimaksud," jelasnya.

Namun, lanjutnya, justru kliennya tersebut saat ini dijadikan tersangka oleh penyidik Kejati Jawa Tengah atas dugaan tindak pidana korupsi pada pemberian kredit oleh sejumlah bank plat merah. 

Baca Juga: Sebut Ada Kekonyolan dalam Sidang Brigadir J, Kamaruddin: Sejak Awal Penyidik Memihak Ferdy Sambo

"Klien kami selaku korban, merasakan ada hal yang tidak wajar dalam proses dan prosedur perkara yang dilakukan oleh Kejati Jawa Tengah. Selain itu, ada hal yang janggal, dan ketidakadilan serta kesewenang-wenangan yang telah dilakukan oleh penyidik," lanjutnya.

Oleh karenanya, pihaknya meminta perlindungan hukum kepada Komisi Kejaksaan RI atas dugaan kriminalisasi kliennya. Disamping itu, juga untuk meminta dilakukan audit investigasi atas permasalahan yang menimpa kliennya agar perkara tersebut menjadi terang dan jelas.

Halaman:

Editor: Eko Fataip

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X