Polisi Harus Tangkap Pelaku Bom Pasuruan

- Jumat, 6 Juli 2018 | 16:45 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

 JAKARTA, suaramerdeka.com - Polisi diminta untuk segera menangkap terduga pelaku bom Pasuruan. Hal itu karena dikhawatirkan yang bersangkutan akan menebar aksi teror baru.

 "Kami berharap polisi bertindak cepat menangkap pelaku. Sebab jika melihat KTP dan keberadaannya, pelaku sepertinya memiliki jaringan yang cukup luas mulai dari Aceh, Banten hingga Jawa Timur," kata Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S Pane dalam siaran persnya, Jumat (6/7).

Dia mengungkapkan, dari data yang diperoleh IPW, pelaku memiliki dua KTP. Pertama KTP keluaran Kabupaten Pandeglang, Banten atas nama Anwardi, kelahiran Jakarta 12 Juni 1966, dengan NIK 31009765443360003 dan beralamat Karang Tanjung, Serang. Adapun KTP kedua atas nama Abdullah, yang lahir di Lambideng, Aceh, 16 Februari 1975.

 "KTP dikeluakan di Kabupaten Pidie, Aceh, dengan NIK 1107181602750001 dan beralamat Dayah Lampoh Awe, Simpang Tiga. Karena foto di KTP sama, sehingga patut diduga pelaku telah melakukan pemalsuan identitas," ujarnya.

Padahal sesungguhnya, kata dia, pelaku bernama Abdulloh kelahiran Aceh Meulaboh. Selain itu, pelaku merupakan anggota ISIS eks GAM.

 "Di era Aceh sebagai Daerah Operasi Militer (DOM), memang cukup banyak anggota GAM yang dilatih di Libya. Setelah masa damai di Aceh, keberadaan eks GAM yang dilatih di Libya ini tidak terlacak," tandasnya.

Melarikan Diri

Menurutnya, pelaku bom Pasuruan berhasil melarikan diri dengan membawa ransel hitam, yang diduga berisi bahan peledak. Pelaku kabur dengan menggunakan sepeda motor.

"Belakangan diketahui, pelaku meninggalkan sepeda motornya di tempat penitipan sepeda motor di Stasiun Pasuruan. Pelaku membuat kamuflase seolah-olah dia kabur dengan menggunakan kereta api," tegasnya.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan

Tags

Terkini

Sumpah Pemuda, Makna Angka 28 Menurut Feng Shui

Rabu, 27 Oktober 2021 | 20:03 WIB

Catat! Cuti Bersama Natal 2021 Resmi Dihapus

Rabu, 27 Oktober 2021 | 18:23 WIB
X