Penguatan Akses IT di PTKN Permudah Akses Mahasiswa dan Dosen

- Kamis, 5 Juli 2018 | 17:45 WIB
Foto: Kemenag
Foto: Kemenag

JAKARTA, suaramerdeka.com - Penguatan teknologi informasi (TI) di Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) menjadi  sebuah keharusan. Dengan penguatan IT, akses mahasiswa dan dosen akan terbuka seluas-luasnya.

“Era dewasa ini serba digital. Jika tak diikuti dengan penguatan informasi dan teknologi maka boleh jadi menyulitkan dosen dan mahasiswa,” tutur Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Arskal Salim dalam Focus Group Discussion (FGD) para Kepala Biro PTKN se Indonesia. Acara ini diselenggarakan oleh UIN Mataram Lombok,  di Lombok, Kamis (5/7).

Untuk meningkatkan kemampuan TI PTKN, Arskal akan menempuh berbagai upaya, mulai dari menggandeng perusahaan operator jasa teknologi hingga menempatkan para ali untuk mendukungnya. Tujuannya, membangun sistem yang bagus dan mendukung prinsip Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT).

“Semuanya sekarang bahkan harus bisa dibaca dalam bentuk sistem jaringan. Dari database mahasiswa, dosen, hingga berbagai agenda mendukung pelaksanaan Tri Dharma PT. Ini yang saya sebut tanpa adanya penguatan sistem TI bisa jadi menyulitkan civitas academica,” ucapnya.

Selebihnya, keberadaan sistem informasi yang memadai juga akan membantu masyarakat, utamanya untuk mencermati berbagai macam program dan layanan pendidikan di PTKN. Masyarakat akan dengan mudah membaca tentang sejauhmana perkembangan kampus ini.

Selain itu pengoptimalan sistem teknologi yang bagus bakal memiliki banyak manfaat untuk perguruan tinggi. “Keinginan ini juga sejalan memperkuat tingkat melek informasi di kalangan kampus PTKN,” tuturnya.

Editor: Fadhil Nugroho Adi

Tags

Terkini

X