Gelar Pertemuan Bilateral dengan Sejumlah Pemimpin Negara, Ini yang Dibahas Presiden Joko Widodo

- Selasa, 15 November 2022 | 07:45 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Bali. (tangkap layar YouTube/Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Bali. (tangkap layar YouTube/Sekretariat Presiden)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pertemuan bilateral digelar Presiden Joko Widodo sejumlah pemimpin negara G20 yang telah tiba di Bali, pada Senin, 14 November 2022, di Hotel The Apurva Kempinski.

Pertemuan tersebut digelar Presiden Joko Widodo jelang kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15 hingga 16 November 2022.

Saat bertemu Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi atas dukungan AS terhadap Presidensi G20 Indonesia.

Baca Juga: Lakukan Pemotretan Pakai Softlens, Warganet: Dian Sastro Itu Song Hye-kyo Versi Indonesia

Selain itu, diharap fleksibilitas dari Amerika Serikat dalam pembahasan deklarasi.

“Kerja sama ekonomi konkret harus diperkuat,termasuk lewat Partnership for Global Infrastructure and Investment dan Indo-Pacific Economic Framework," kata Presiden Joko Widodo, dikutip dari laman resmi presidenri.go.id

"Kami mendorong peran Amerika Serikat mewujudkan perdamaian dan kemakmuran di Indo-Pasifik,” tambah Presiden Joko Widodo dalam keterangannya.

Baca Juga: Tersangka Kasus Gagal Ginjal Akut Segera Ditetapkan Usai Gelar Perkara Bareskrim Polri

Sedangkan dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, Presiden Joko Widodo menegaskan pentingnya dukungan Jepang dalam menyukseskan Presidensi G20 Indonesia.

“Kita juga menjajaki peluang kerja sama konkret di Indo-Pasifik, termasuk kerja sama triangular Indonesia-Jepang-Pasifik,” ungkap Presiden.

Dalam pertemuan dengan Presiden Komisi Eropa Ursula Von Der Leyen, Presiden mendorong realisasi kerja sama transisi energi dan kemajuan perundingan Indonesia-EU CEPA.

Baca Juga: Biaya Makam Gratis, Target Retribusi Pemakaman di Kota Semarang Kemungkinan Tak Capai Target

Dalam pertemuan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdo─čan, Presiden Joko Widodo menghargai kontribusi Turki pada Presidensi G20 Indonesia.

Bahkan, Presiden Joko Widodo mengapresiasi peran Turki dalam menghidupkan kembali Black Sea Grain Initiative.

“Harus segera cari solusi damai perang di Ukraina dan mendorong penguatan kerja sama ekonomi Indonesia-Turki, termasuk pembukaan akses pasar bagi produk-produk pertanian dan kolaborasi antarindustri pertahanan Indonesia dan Turki,” ucap Presiden.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X