Bangun Generator Oksigen di RSUD Cilacap, Pemkab Akan Gandeng Sejumlah Pihak

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 09:24 WIB
Tabung oksigen (Cun Cahya)
Tabung oksigen (Cun Cahya)

CILACAP, suaramerdeka.com – Guna mengatasi masalah ketersediaan oksigen, Pemkab Cilacap berencana membuat Generator Oksigen di RSUD Cilacap.

Hal itu diutarakan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Dian Setyabudi saat mengikuti Pendampingan Penyusunan Action Plan Program Pengendalian Covid-19 Daerah secara virtual, Jumat (30/7). Menurutnya generator itu, akan dibangun di RSUD Cilacap.

Ia mengatakan, selain  upaya pembangunan oksigen generator, upaya mengatasi masalah ketersediaan oksigen juga dilakukan  dengan menggandeng beberapa pihak.

“Kami mengusahakan mendapatkan bantuan pengisian oksigen dari PT Krakatau Steel sebanyak 120 tabung dua kali dalam seminggu, serta pengisian langsung ke pabrik oksigen di Samator Kendal dan Tegal. Pemkab Cilacap juga sudah menerima 50 unit oksigen konsentrator dari Pertamina RU IV Cilacap,” ucapnya.

Baca Juga: Inflasi Jateng 0,06 Persen, Kenaikan Harga Cabai Rawit Jadi Penyebab

Sementara itu Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji memaparkan sejumlah usaha telah dilakukan untuk mengatasi pandemi Covid-19, salah satunya vaksinasi.

Namun demikian, upaya vaksinasi terkendala sulitnya mendapatkan vaksin. Selain itu, Pemkab Cilacap juga mengaku sulit mendapatkan oksigen.

Dalam kegiatan pendampingan Penyusunan Action Plan Program Pengendalian Covid-19 Daerah, bupati berharap pemerintah dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut.

Baca Juga: Angka Kematian Harian Covid-19 Nasional Tambah 1.568 Kasus, Jawa Timur Tertinggi

Adapun Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) A. Pitoyo Adhi, menjelaskan permasalahan umum pengendalian pandemi di daerah yaitu kurangnya layanan fasilitas kesehatan, banyaknya berita hoax, ketidakdisiplinan protokol kesehatan.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gita Amperiawan Jadi Dirut DI yang Gres

Jumat, 28 Januari 2022 | 00:13 WIB
X