G20 Dapat Meningkatkan Ekonomi Digital dan Transformasi Digital dalam Rangkaian Kelompok Kerja DEWG

- Sabtu, 12 November 2022 | 08:40 WIB
Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dedy Permadi dalam Sofa Talk Series “Mengenal Lebih Dalam Isu Arus Data Lintas Negara” Kepemimpinan Indonesia dalam Isu Digital di Forum G20. (dok Kominfo)
Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dedy Permadi dalam Sofa Talk Series “Mengenal Lebih Dalam Isu Arus Data Lintas Negara” Kepemimpinan Indonesia dalam Isu Digital di Forum G20. (dok Kominfo)

JAKARTA,suaramerdeka.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebutkan Pemerintah Indonesia menjadikan Forum G20 sebagai sarana meningkatkan ekonomi digital dan mempercepat transformasi digital nasional dan global.

Dedy Permadi selaku Staf Khusus Menkominfo mengatakan bahwa Forum G20 ini dapat mewujudkan meningkatkan ekonomi digital dan mempercepat transformasi digital tersebut dalam rangkaian kelompok kerja DEWG.

DEWG adalah rangkaian Kelompok Kerja Ekonomi Digital atau Digital Economy Working Group yang dibentuk untuk membahas permasalahan peralihan ekonomi digital yang tengah diusung di berbagai negara.

Baca Juga: Jangan Ngaku Ngaku Masyarakat Tak Mampu Demi Mendapatkan Set Top Box Gratis, Data Kominfo Berbicara

"DEWG adalah working group yang memang membahas khusus terkait ekonomi digital dan transformasi digital di antaranya negara-negara G20," ujar Dedy dalam webinar #G20Updates: Solusi Efektif G20 Mempercepat Transformasi Digital. Dikutip dari laman YouTube Kemenko Kemaritiman dan Investasi RI.

Ada tiga hal yang dibahas dalam DEWG ini, yakni: konektivitas dan pemulihan pasca pandemi Covid-19 (connectivity and postcovid recovery).

Kemudian Keterampilan dan Literasi Digital (digital skill and digital literacy).

Baca Juga: Gak Angkuh, Ketika Farel Prayoga Jadi Duta Kekayaan Intelektual Kategori Pelajar

Terakhir mengenai Arus Data Lintas Batas Negara dan Arus Data Bebas dengan Kepercayaan (cross-borderdata flow and data free flow with trust).

Dalam isu konektivitas, Indonesia mendorong agar komunikasi melalui internet atau konektivitas digital.

Serta mengajak untuk secara aktif berkontribusi terhadap pemulihan usai diterjang pandemi.

"Contohnya adalah penggunaan konektivitas digital untuk mempertajam dan mempertahankan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), meski ditengah kontrak ekonomi yang luar biasa.Jadi ketika UMKM memanfaatkan instrumen digital, mereka bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19. Solusi-solusi semacam itu dibahas di dalam persidangan (DEWG)," jelas Dedy Permadi.

Baca Juga: Gak Mahal Kok, Harga Set Top Box Ramah Kantong bagi Masyarakat Mampu

Berkaitan dengan isu digital skill dan digital literacy, Indonesia mengusulkan agar kecakapan dan literasi digital dapat turut menjadi solusi bersama untuk mempercepat transformasi digital.

Hal ini diperlukan mengingat internet dan media digital sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X